Cegah Stunting Melalui Kolaborasi Lintas Kementerian


Penulis: micom - 13 November 2018, 17:15 WIB
Ist
Ist

SEJUMLAH cara dilakukan pemerintah untuk mengurangi stunting pada anak usia dini. Antara lain menggunakan Sistem Diklat Berjenjang dalam pelatihan pendidik PAUD oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pengetahuan dan keterampilan tentang stimulasi perkembangan anak usia dini sangat penting. Kementerian Kesehatan mencatat angka stunting kini 29% berdasarkan hasil Pemantauan Status Gizi di 496 Kabupaten/Kota dengan sampel 165 ribu balita.

Untuk meningkatkan layanan PAUD, di tahun 2016 dan 2017 diluncurkan  Pilot Program PAUD Generasi Cerdas Desa. Progam ini menitikberatkan pada pentingnya kerja sama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa serta masyarakat. 

Kolaborasi juga dilakukan dengan mendampingkan dua program pemerintah, yaitu program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan PrioritasPenggunaan Dana Desa di bawah koordinasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta kerja sama Pemerintah Daerah.

Di tingkat Kabupaten, program dikelola bersama oleh Bappeda, Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) dan unsur pemerintah daerah lainnya. (X-11)

BERITA TERKAIT