Kerenyahan Puff Keju


Penulis: (Rin/M-1) - 11 November 2018, 05:30 WIB
MI/THALATIE
MI/THALATIE

SUARA kerenyahan dari puff pastry langsung terdengar saat menggigit melted cheese puff. Rasa asam manis lemon berpadu dengan keju yang lembut, tapi tidak terlalu asin berpadu pas di mulut. Kue itu merupakan kreasi terbaru Uncle Tetsu Shop.

Pastry itu hanya tersedia di Uncle Tetsu Shop khusus di Indonesia, selama 2 bulan saja. Kehadiran pastry satu itu sebagai bentuk inovasi dari toko roti yang sudah berusia 35 tahun. Setiap negara diberikan kebebasan untuk berkreasi atau menunjukkan unsur kelokalan daerah itu sendiri.

Untuk menghasilkan pastry itu, mereka menggunakan teknik pemanggangan tiga kali. Pemanggangan pertama untuk memberikan kesempatan bagi puff-nya untuk mengembang. Pemanggangan kedua dilakukan untuk mematangkan isian kejunya, terakhir untuk lapisan atas pastry untuk memberikan efek mengilap.

"Proses pemanggangan sekitar 10-15 menit," ujar Melisa, Business Development Uncle Tetsu Shop, di Summarecon Kelapa Gading Mall, Jakarta, Rabu (31/11).

Melisa menyadari puff pastry memiliki tantangan tersendiri. Pasalnya, puff pastry gampang untuk lembek dan meresap cairan dan suhu lembab. Di melted cheese itu pun ada sedikit bagian, tepatnya di bawah keju yang sedikit tebal dan keras. Karena bagian puff itu menyerap cairan dari cream cheese yang ditaruh pada saat proses pemanggangan kedua.

Tantangan berikutnya ialah pertahanan kerenyahannya. Melisa mengaku setiap tamu yang belanja akan diinformasikan pastry akan tahan 12 jam di suhu udara normal. Namun, bisa disimpan di kulkas dan bertahan 3 hari. Bisa pula dipanaskan ulang menggunakan microwave selama 8 detik.

Guna menyajikan kualitas dari pastry yang dibanderol Rp22 ribu per porsi itu, Melisa mengaku mereka menggunakan bahan baku premium. Bahan baku yang dipergunakan sebagian besar impor. Tidak semua didatangkan dari Jepang, tapi ada beberapa dari negara lain. Semua bahan dipilih sesuai dengan keunggulan produknya.

"Kita menggunakan cream cheese yang diimpor. Kita menggunakan 60% bahan baku impor dari Jepang," ujarnya.

Puff pastry itu tersedia di 13 cabang toko yang dikenal sebagai The Best Cheesecake in The World. Serta menjadi pilihan lain dari 20 varian kue lain yang tersedia di toko itu.

 

BERITA TERKAIT