Diadaptasi dari novel


Penulis: SURYANI WANDARI PUTRI - 11 November 2018, 01:00 WIB
DOK IMDB
DOK IMDB

SOBAT, sebenarnya fi lm Disney ini tidak terlalu asing lo bagi kita. Novel The Nutcracker and the Mouse King karya penulis Jerman ETA Hoffman, tahun 1816 ini, berkisah tentang mainan Natal favorit Marie Stahlbaum, Nutcracker, yang menjadi hidup mengalahkan Raja Tikus jahat di pertempuran.

Tentara ini mengantarkan Marie pergi ke kerajaan ajaib yang dihuni boneka. Pada 1892, komposer Rusia, Pyotr Ilyich Tchaikovsky, dan koreografer Marius Petipa dan Lev Ivanov, mengubah adaptasi Alexandre Dumas Pere dari cerita ke dalam balet The Nutcracker. Kisah ini sempat menjadi film animasi berjudul Barbie in the Nutcracker (2001) yang menggabungkan balet juga pada fi lmnya nih.

Bahkan, sempat diadaptasi menjadi pertunjukan balet klasik yang cukup populer lo, seperti Swan Lake. Tak heran tarian balet menjadi bagian tak terlupakan dari film yang disutradarai Lasse Hallstrom dan Joe Johnston ini. Di fi lm ini Disney menuangkannya ke dalam live-action yang juga melibatkan fantasi seperti halnya fi lm Alice in Wonderland, The Chronicles of Narnia, dan Return to Oz lo.

 

BERITA TERKAIT