Minim Kreativitas, Garuda Menyerah atas Singapura


Penulis:  Satria Sakti Utama - 09 November 2018, 21:45 WIB
ROSLAN RAHMAN / AFP
ROSLAN RAHMAN / AFP

TIM Nasional Indonesia harus mengawali kampanye kejuaraan Piala AFF 2018 dengan hasil yang buruk. Skuat asuhan Bima Sakti ini takluk dengan skor tipis 0-1 dari Singapura di Stadion Nasional Singapura, Jumat (9/11) malam.

Minimnya kreativitas dalam serangan menjadi faktor kekalahan Indonesia atas Singapura. Tercatat hanya satu kali Stefano Lilipaly dkk mampu mencatatkan tendangan tepat sasaran. Peluang itu bahkan baru tercipta ketika pertandingan telah memasuki menit ke-75.

Skema permainan Indonesia yang menduplikasi ide pelatih sebelumnya Luis Milla Aspas sudah terdikte oleh tim lawan. Pelatih Timnas Singapura Fandi Ahmad mengistruksikan anak didiknya untuk bermain pressing ketat sejak menit pertama. Hal ini membuat skema serangan dari kaki ke kaki khas Timnas Indonesia tak berjalan lancar. Bola sering kali harus terlepas di area tengah lapangan dan Singapura menguasai pertandingan.

Gaya permainan 'The Lions'--julukan Singapura-- ini akhirnya berbuah hasil Harris Harun mencuri gol kemenangan di menit ke-37. Ia memanfaatkan bola liar hasil duel bola udara di depan mulut gawang Andritany Ardhiyasa.

Akan tetapi, taktik mengejutkan Singapura tak mendapatkan respon yang positif dari Bima Sakti. Eks asisten Persiba Balikpapan ini hanya mengganti pemain di posisi yang sama tanpa merubah strategi permainan. Hal ini membuat kejutan balasan dari kubu Indonesia tidak terlihat selama babak kedua berjalan.

Singapura pun nyaman dengan memainkan skema bertahan dan mempertahankan keunggulan. Bahkan di beberapa kesempatan, Irfan Fandi dkk mampu mengancam dengan serangan balik.

Hasil ini membuat kans 'Timnas Garuda'--julukan Indonesia-- lolos ke babak selanjutnya menipis. Terlebih Indonesia masih menyisakan dua laga sulit lainnya yakni melawan Filipina dan Thailand.

Kendati demikian, Indonesia dapat mengambil momentum kebangkitan jika mampu memenangi pertandingan kontra Timor Leste yang menjadi kompetitor terlemah di Grup B. Pertandingan tersebut direncanakan akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (13/11) pekan depan. (OL-1)

 

BERITA TERKAIT