Pencarian CVR Lion Air Gunakan Alat Baru dari Amerika


Penulis: Sunnaholomi Halakrispen - 09 November 2018, 19:35 WIB
 ANTARA FOTO/Indrianto Eko
ANTARA FOTO/Indrianto Eko

DEPUTI Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Hammam Riza, mengungkapkan, pencarian cockpit voice recorder (CVR) pesawat Lion Air PK-LQP menggunakan alat baru. Alat bernama 'Acoustic Release Transponder Benthos' bantuan dari Amerika Serikat.

"Rilis khusus terdiri atas hidrofon atau radio dalam air, baterai, dan lengan evakuasi untuk melepaskan jangkar menggunakan motor listrik torsi tinggi," beber Hammam pada wartawan, Jumat (9/11).

Hamman menyebut alat ini dipasang di Kapal Baruna Jaya I. Alat ini merupakan perangkat oseanografi untuk pencarian jauh di dasar laut.

Alat bakal diletakkan di sekitar titik pencarian seiring semakin melemahnya sinyal ping dari CVR. Dia memastikan upaya mencari CVR terus dilakukan.

"Proses pencarian signal CVR juga sudah dilakukan dengan menurunkan rubberboat Kapal Baruna Jaya I. Semoga hari ini TIM SAR Baruna Jaya mendapatkan hasil yang optimal," tutur dia.

Adapun pencarian bagiankotak hitam (black box) itu juga dibantu oleh para penyelam yang dilengkapi dengan ping locator dari Basarnas. (Medcom/OL-1)

 

BERITA TERKAIT