Gantikan OK Otrip, Logo Baru Jak Lingko Dihargai Rp100 Juta


Penulis: Nicky Aulia Widadio - 09 November 2018, 18:58 WIB
Ist
Ist

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan secara resmi mengganti logo OK Otrip dengan Jak Lingko. Melvin Santoso sebagai pemenang sayembara logo Jak Lingko dihadiahi Rp100 juta.

Logo baru didapat lewat proses sayembara yang digelar Transjakarta bekerja sama dengan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI). Karya Melvin terpilih mengalahkan 125 karya lainnya.

"Satu bulan terlewatkan memilih logo Jak Lingko. Hari ini kita sudah menentukan pemenangnya dan karyanya yang ada dibelakang kita, oleh saudara Melvin Santoso," kata Anies saat peresmian logo tersebut di Balai Kota, Jumat (9/11).

Logo tersebut berupa tipografi bertulis Jak Lingko berwarna biru. Lalu ada gambar menyerupai payung dengan enam sisi yang bermakna Jak Lingko sebagai payung moda transportasi di enam wilayah Jakarta.

Baca Juga:

DPRD Sebut Jak Lingko Tepat bagi Kelas Menengah ke Bawah

 

Direktur Operasional Transjakarta Daud Joseph menyebut logo ini bakal digunakan di semua armada angkutan umum yang tadinya tergabung dalam program OK Otrip. Selain itu, akan ada kartu baru dengan logo Jak Lingko. Daud menjelaskan pergantian logo OK Otrip ke Jak Lingko akan dilakukan bertahap.

 

"Nanti akan ada kartu baru. Tapi yang sudah punya kartu lama tidak usah khawatir, masih tetap bisa digunakan," tutur dia.

Sebelumnya, Anies mengganti nama program integrasi transportasi OK Otrip menjadi Jak Lingko. Nama OK Otrip sendiri dulunya berasal dari mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Kosakata Lingko berasal dari bahasa Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Lingko merupakan istilah bagi sistem perairan di sawah di NTT. Ia berharap nama ini mencerminkan sistem transportasi di Jakarta yang terhubung sampai ke pedalaman.(OL-5)

BERITA TERKAIT