Pascasarjana Uniska Banjarmasin Studi Lapangan ke Unair dan UB


Penulis: Denny Susanto - 09 November 2018, 18:40 WIB
MI/Denny S
MI/Denny S

PULUHAN mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin melaksanakan studi/riset lapangan (field research) ke Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dan Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Kegiatan field research yang dipimpin Ketua Prodi Pascasarjana Uniska Banjarmasin, Marhaeni, ini berlangsung 7-9 November 2018. Salah satu kegiatan dalam studi lapangan ialah dialog dengan pakar komunikasi University of Queensland Australia, Profesor Elske Van de Flart, yang menjadi dosen tamu di UB Malang.

Salah satu dialog yang menarik perhatian ialah tentang peran komunikasi dalam menyukseskan program rehabilitasi lahan gambut di Indonesia, termasuk Kalimantan Selatan.

Elske menyebut untuk menyukseskan program rehabilitasi lahan gambut ini diperlukan sinergitas berbagai disiplin ilmu selain Komunikasi, seperti Hukum dan Manajemen Lingkungan. Program rehabilitasi lahan gambut yang mempunyai permasalahan kompleks ini diakuinya menjadi perhatian masyarakat dan para peneliti internasional termasuk University of Queensland Australia.

"Salah satu yang menjadi titik lemah dalam mensosialisasikan program pemerintah adalah peran serta dan keterlibatan masyarakat. Tidak hanya komunikasi tetapi beragam disiplin ilmu diperlukan terutama Hukum dan Manajemen Lingkungan, karena persoalan lahan gambut bersinggungan dengan hal tersebut," tuturnya.

Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Uniska Banjarmasin, Marhaeni, menjelaskan, kegiatan field research ke kampus pascasarjana Ilmu Komunikasi Unair dan UB ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan.

Tujuannya agar mahasiswa pascasarjana Uniska bisa melihat langsung perkuliahan di dua kampus terbaik di Indonesia tersebut. Selain itu juga agar mahasiswa dapat mengikuti perkembangan ilmu komunikasi yang dinamis.

Marhaeni berharap agar setelah kegiatan field research ini mahasiswa pascasarjana Ilmu Komunikasi dapat mengerjakan tugas akhirnya dengan bahan penelitian yang lebih mendalam lagi. Kunjungan 70 mahasiswa pascasarjana itu didampingi oleh Wakil Rektor I Uniska Jarkawi dan Asisten Direktur Pascasarjana Uniska Khuzaini.

Uniska Banjarmasin merupakan kampus swasta terbesar di Kalimantan dengan jumlah mahasiswa sekitar 17.000 orang dengan 400 dosen dan satu-satunya yang memiliki prodi pascasarjana Ilmu Komunikasi di Kalsel. (OL-1)

BERITA TERKAIT