Media Group-Sahabat Peduli Indonesia Bangun Puluhan MCK di Palu


Penulis: Dhika Kusuma Winata - 09 November 2018, 18:40 WIB
Dok Sahabat Peduli Indonesia
Dok Sahabat Peduli Indonesia

DOMPET Kemanusian Media Group bersama organisasi Sahabat Peduli Indonesia membantu penanganan pengungsian di wilayah terdampak bencana Sulawesi Tengah. Kedua organisasi membangun puluhan fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) di sejumlah titik pengungsian.

Sebanyak 20 unit MCK dibangun di Kabupaten Sigi, yakni di pengungsian sektor 6 Desa Jono Oge, dan lima unit MCK di pengungsian mandiri Transidera.

"Sebanyak 25 unit MCK hari ini selesai dibangun di Sigi dengan bantuan dana donasi Media Grup. Ada 30 MCK lain yang sudah dibangun juga di Desa Lombanga, Kabupaten Donggala," kata Co-founder Sahabat Peduli Indonesia Tri Clay, dihubungi dari Jakarta, Jumat (9/11).

Menurutnya, kebutuhan fasilitas MCK di sejumlah wilayah bencana Sulteng masih tinggi. Para pengungsi memerlukan akses sanitasi agar terhindar penyakit. Tantangannya, lanjut Tri, ialah mobilisasi alat berat, material, dan tenaga pembangun yang harus didatangkan dari Palu.

"Di sana kebutuhan itu sangat tinggi sehingga kami memutuskan untuk membangun banyak MCK. Di Lombonga ada 200 KK (kepala keluarga) dan sebelumnya tidak ada MCK sama sekali. Pembangunan disana partially funded oleh Media Group dan Sahabat Peduli Indonesia," ungkap Tri.

Ketua Yayasan Dompet Kemanusiaan Media Group Ali Sadikin mengatakan pembangunan fasilitas MCK memang menjadi salah satu fokus penyaluran dana donasi yang diterima yayasannya. Selain itu, dalam masa transisi ke pemulihan, Media Group juga fokus pada pembangunan hunian sementara.

Hingga 6 November 2018, sumbangan masyarakat yang dihimpun melalui Dompet Kemanusiaan Media Group untuk bantuan kemanusiaan bencana Sulteng telah terkumpul sejumlah Rp50,6 miliar. (A-2)

BERITA TERKAIT