Bali Jajaki Kerja Sama dengan Pemerintah Hongaria


Penulis: Arnoldus Dhae - 09 November 2018, 18:30 WIB
MI/Ruta Suryana
MI/Ruta Suryana

PEMERINTAH Provinsi Bali saat ini sedang menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Hongaria. Hal ini diketahui saat Gubernur Bali Wayan Koster menerima audiensi Duta Besar Hongaria untuk Indonesia Judit Pach di ruang kerjanya, Jumat (9/11).

Dalam audensi tersebut, Pach menyampaikan hubungan Hongaria dengan Bali yang terus meningkat. Selain seringnya pejabat Pemerintah Hungaria ke Bali untuk menghadiri acara internasional, wisatawan asal Hungaria pun terus meningkat dalam kurun 2-3 tahun terakhir dari semula sekitar 5 ribu orang menjadi 10 ribu orang.

"Itu sebabnya kami berharap bisa bekerjasama dengan Bali lebih jauh lagi," kata Dubes Pach.

Menurut Pach, hubungan perdagangan kedua negara telah meningkat sampai 6 kali lipat. Bahkan, beberapa kerja sama ekonomi dan budaya sudah berlangsung di Bali. Di antaranya kerja sama di bidang platform digital dan teknologi penunjang pariwisata dan pertanian.
Pihaknya berharap bisa terlibat pula ke dalam kerjasama di bidang infrastruktur penunjang pariwisata di Bali.

"Kami juga bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan Indonesia dan Bali ke Hongaria," kata Pach.

Kerja sama itu, menurutnya, di antaranya dilakukan dengan membuat even dengan blogger dan pembuat film dokumenter.

"Salah satunya tentang suku Bali Aga," jelasnya.

Gubernur Koster menyambut baik ketertarikan pihak-pihak yang ingin bekerja sama dengan Provinsi Bali. Menurutnya, penataan ke dalam termasuk di bidang pariwisata saat ini menjadi prioritas dalam pemerintahannya.

Ia tak menampik bahwa untuk mengatasi persoalan di Bali, diperlukan pembangunan infrastruktur yang terintegrasi. Namun ia mengaku akan berhati-hati dalam melakukan penataan ini.

"Jadi jika ada yang mau investasi jika tidak melanggar nilai-nilai budaya kami dengan senang hati. Ini akan kami petakan dalam satu aturan tata ruang sehingga terarah," ujarnya.

Menurutnya, pariwisata Bali ke depan akan dilaksanakan dengan berkualitas.

Turut hadir dalam pertemuan ini Wakil Dubes Hongaria Peter Varfi, Atase Perdagangan Hongaria Zoltan Paldi, Konsul Kehormatan Hongaria di Bali I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali AA Gede Yuniartha, dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra. (OL-1)

 

BERITA TERKAIT