Jokowi Minta Produk Lokal Dijual di Rest Area Tol Pejagan-Pemalang


Penulis: Supardji Rasban - 09 November 2018, 17:26 WIB
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

UNTUK menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dengan adanya jalan tol, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar tempat beristirahat (rest area) di sepanjang tol Pejagan-Pemalang menjual produk-produk daerah, seperti makanan khas daerah bukan produk-produk impor.

"Artinya bahwa yang ada di rest area itu bukan kaya yang dulu-dulu justru produk-produk atau brand impor, tetapi betul-betul brand lokal, brand daerah, brand Indonesia," ujar Presiden usai mersesmikan Tol Pejagan-Pemalang Seksi III dan IV di Pintu Gerbang Tol Tegal di Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Jumat (9/11).

Peresmian itu dilakukan Presiden dengan didamping Wali Kota Tegal HM. Nursholeh, Bupati Tegal Umi Azizah dan Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti. Kemudian Sekretaris Kabinet Kerja Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil hingga Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen.

"Tadi sudah diperintahkan ke Menteri PUPR, Wali Kota dan Bupati, agar setelah ini selesai ada sejumlah rest area yang menjual produk-produk daerah, makanan dari daerah. Tadi sudah usul ke Pak Wali, Ibu Bupati, ada telor asin, sate Tegal, brambang merah semua dipajang disitu," tutur Kepala Negara.

Baca Juga:

Jokowi Resmikan Tol Gempol-Pasuruan

 

Meski rest area harus mengutamakan produk lokal, namun Presiden akan mempertimbangkan adanya produk impor. Hal ini karena produk impor bisa menjadi daya tarik konsumen.

 

"Nanti akan kita lihat. Kadang-kadang diperlukan untuk menarik (brand internasional) tapi jangan mendominasi. Yang paling penting brand lokalnya, brand daerahnya," jelas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Wali Kota Tegal HM. Nursholeh menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden RI yang sudah mendengarkan usulan pemerintah daerah agar rest area menampilkan produk-produk daerah.

"Itu merupakan upaya perhatian dari pemerintah daerah terhadap perkembangan UMKM yang ada di Kota Tegal dan daerah sekitarnya," ujar Nursholeh.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut dengan persemian ini seluruh bagian dari Tol Pejagan-Pemalang resmi beroperasi secara penuh sepanjang 57,5 km.

"Tentu kita berharap akan lebih meningkatkan mobilitas masyarakat sekaligus mendorong perekonomian di daerah lebih maju," ucap Basuki.(OL-5)

BERITA TERKAIT