Ujang Abdullah Beri Pencerahan dengan Mengajar


Penulis: (Gol/Opn/H-3) - 09 November 2018, 07:40 WIB
 MI/M Taufan SP Bustan
MI/M Taufan SP Bustan

DI tengah kesibukannya sebagai hakim sekaligus Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta, Ujang Abdullah, 54, masih meluangkan waktu untuk memberikan pembekalan hukum kepada mahasiswa, advokat, maupun instansi pemerintah.

Selain memberikan pelayanan dengan menyelesaikan pelbagai persoalan seputar perkara tata usaha negara (TUN) yang didaftarkan masyarakat selaku pencari keadilan, mantan Ketua PTUN Palembang dan Ketua PTUN Bandung itu menilai pengabdian juga bisa dilakukan dengan cara lain, seperti mengajar.

Pria kelahiran Pagar Alam, 10 Juli 1964 itu mengaku kerap diminta oleh sejumlah instansi pelat merah untuk mengajar, contohnya di Kementerian Agama, Kementerian Pertanian, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Saya juga pernah mengajar di beberapa tempat pendidikan dan pelatihan, termasuk di perguruan tinggi, seperti Universitas Sriwijaya, serta persatuan advokat untuk mengajar PKPA (pendidikan khusus profesi advokat). Namun, itu semua sifatnya insidental saja, hanya ketika diminta," ujarnya, kemarin.

Kesediaan mengajar ilmu hukum yang dilakoni alumnus Universitas Sebelas Maret itu bermula dari hobi membaca dan menulis. Menurut dia, tujuan mengajar ialah untuk memberikan pencerahan. "Mengajar itu kesenangan saya, apalagi kalau bisa menyelesaikan persoalan orang," pungkasnya.

BERITA TERKAIT