Jesse Ewart Tetap Kuasai Jersey Kuning


Penulis:  (Ant/R-3) - 08 November 2018, 23:40 WIB
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/

PEMBALAP Australia, Jesse Ewart, dari Sapura Cycling Team, Malaysia, masih unggul di klasemen pembalap umum. Ewart pun tetap mempertahankan jersey kuning hingga etape kelima balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2018 yang melintasi rute Limapuluh Kota-Pasaman, Sumatra Barat, kemarin.

Ewart, yang finis di posisi ke-45 di etape kelima, masih mengantongi catatan waktu terbaik di klasemen pembalap umum dengan 19 jam 52 menit 54 detik.

Peringkat kedua diikuti pembalap Ariya Phounsavath dari Thailand Continental Cycling Team dengan selisih waktu 2 detik dan Nikodemus Holler dari Bike Aid Team dengan selisih waktu 20 detik.

"Finis yang sulit dengan kondisi hujan dan secara teknis licin, tapi saya senang bisa mempertahankan jersey kuning ini hari ini," kata Ewart seusai perlombaan yang menempuh jarak 161,4 km itu.

Hujan yang turun di Suma-tra Barat, Rabu (7/11) malam, sempat menyebabkan longsor di ruas jalan yang dilalui etape lima. Bahkan panitia sempat memangkas rute sepanjang 9 km karena ruas jalan berada di Bukik Limbuki, Taram, Andaleh, Tarok, dan Batang Tabik, terendam banjir.

"Menjadi sulit, tapi jadi lebih menantang. Saya kira kondisinya sama bagi setiap pembalap," kata Ewart.

Pada lomba Tour de Singkarak 2018 etape kelima, Ryan Cavanagh asal Australia dari Tim St George Continental Cycling Team menjadi juara etape setelah finis terdepan dengan waktu 4 jam 7 detik.

Sementara itu, Nur Amirull Fakhruddin Mazuki (Terengganu Cylcing Team) finis kedua dan disusul Rustom Lim (7 Eleven-Cliqq Roadbike Philippines) yang menyentuh garis finis ketiga.

Untuk kategori pembalap Indonesia, Jamal Hibatullah (PGN Road Cycling Team), keluar sebagai yang tercepat setelah finis di peringkat kelima dengan waktu 4 jam 34 detik.

"Syukur alhamdulillah terima kasih untuk teman-teman yang bekerja sama dengan baik. Sebetulnya target kita hari ini adalah juara etape, bukan hanya peringkat kelima atau pembalap Indonesia terbaik, sedikit melenceng lah," kata Jamal. Dia menambahkan bahwa trek etape lima kali ini cukup berbahaya dengan kondisi jalan yang licin.

Sementara itu, Muhammad Abdurrohman (KFC Cycling Team) masih memegang jersey merah putih sebagai pembalap Indonesia tercepat secara umum.

BERITA TERKAIT