Sekitar 30 Atlet Masuk Tim Olimpiade


Penulis: Beo/R-3) - 08 November 2018, 23:30 WIB
 ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

SEKITAR 80-90 nomor pertandingan pada Olimpiade 2020 yang digelar di Tokyo, Jepang, berpeluang diikuti para atlet dari Indonesia.

Dengan jumlah nomor tersebut, maka jumlah atlet yang masuk kontingen Indonesia pun sekitar 30 atlet.

Namun, untuk bisa dikirim mengikuti Olimpiade 2020, para atlet yang membawa 'Merah Putih' wajib mengikuti babak kualifikasi.

Deputi IV Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Mulyana mengatakan dari 80-90 nomor pertandingan, diprediksi ada 30 atlet yang ikut kualifikasi.

"Setidaknya 30 atlet bisa lolos ke Olimpiade dua tahun lagi dan itu dari 10-12 cabang olahraga, seperti panjat tebing, panahan, dan atletik. Cabang olahraganya tidak berbeda jauh dengan Olimpiade 2016," kata Mulyana di Gedung Kemenpora, Jakarta, kemarin.

Kendati punya kalkulasi, Kemenpora masih harus ber-koordinasi dengan setiap induk cabang olahraga untuk bisa memastikan siapa saja atlet yang bisa ikut babak kualifikasi menuju Olimpiade.

Selain itu, juga menentukan siapa atlet yang bisa ikut latihan untuk ikut SEA Games 2019.

"Kami prediksi Indonesia bisa menurunkan 500-600 atlet ke SEA Games. Tapi kami kan ingin ada regenerasi, jadi yang ikut SEA Games yang muda-muda. Atlet senior ke kualifikasi. Kami kemarin sudah ketemu banyak cabor dan pertemuan berikutnya untuk bahas penyusunan proposal latihan tahun depan," kata Mulyana.

Di sisi lain, Pengurus Besar Persatuan Angkat Berat, Binaraga, Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABBSI) memasang target untuk meloloskan minimal lima lifter ke Olimpiade 2020 Tokyo. Dengan target tersebut, PB PABBSI akan berupaya keras untuk menambah poin dari lima seri tersisa.

Kejuaraan yang menjadi bagian babak kualifikasi Olimpiade 2020 sudah dilewati Eko Yuli Irawan dan kawan-kawan. Mereka meraih sejumlah medali dari Kejuaraan Dunia 2018 di Ashgabat, Turkmenistan, yang berlangsung sejak 2-10 November.

Tidak hanya itu, para lifter yang digembleng di Padepokan Gajah Lampung, di antaranya Sri Hartati yang sukses meraih tiga emas World Open Powerlifting Championship di Halmstad, Swedia.

BERITA TERKAIT