Pemerintah Tetapkan Enam Tokoh Jadi Pahlawan Nasional


Penulis:  Indriyani Astuti - 08 November 2018, 20:30 WIB
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

PRESIDEN Joko Widodo menganugerahkan Gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh melalui Keputusan Presiden Nomor 123/TK/Tahun 2018 tanggal 6 November 2018. Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo berlangsung di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (8/11).

Keenam tokoh tersebut ialah Almarhum Abdurrahman Baswedan dari Provinsi D.I. Yogyakarta, Almarhumah Agung Hajjah Andi Depu dari Provinsi Sulawesi Barat, Almarhum Depati Amir dari Provinsi Bangka Belitung, Almarhum Mr Kasman Singodimedjo dari Provinsi Jawa Tengah, Almarhum Ir H Pangeran Mohammad Noor dari Provinsi Kalimantan Selatan, dan Almarhum Brigjen KH Syam'un dari Provinsi Banten.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan penghargaan tersebut diberikan atas pengabdian dan jasa-jasanya yang luar biasa kepada Negara dan Bangsa Indonesia sesuai dengan bidang perjuangannya.

Mereka juga dinyatakan memenuhi syarat umum dan syarat khusus sesuai peraturan yang berlaku. Pemberian penghargaan ini dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2018.

"Gelar Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada Warga Negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan Negara, atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan, menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan Negara Republik Indonesia," terang Mensos melalui siaran pers yang diterima pada Kamis (8/11).

Pemberian gelar ini, lanjutnya, diharapkan dapat menumbuhkan dan mengembangkan semangat kepahlawanan, kepatriotan, dan kejuangan setiap orang untuk kemajuan dan kejayaan bangsa dan Negara; menumbuhkembangkan sikap keteladanan bagi setiap orang dan mendorong semangat melahirkan karya terbaik bagi kemajuan bangsa dan Negara.

Upacara penganugerahan Pahlawan Nasional dilaksanakan oleh Presiden RI dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 10 November mendatang. (OL-1)

 

BERITA TERKAIT