Stereomantic akan Rilis Single 11.11


Penulis: Basuki Eka Purnama - 08 November 2018, 12:30 WIB
Dok Stereomantic
Dok Stereomantic

MENANDAI 12 tahun perjalanan Stereomantic, duo yang kini diperkuat dengan tiga personel tambahan itu akan melepas single baru bertajuk 11:11. Singel itu merupakan penanda kembalinya mereka ke jalur elektronik yang diusung pada 2006 silam.  

Single itu nantinya akan masuk ke dalam album studio keempat, bersama beberapa materi lain yang akan dirilis pada November 2019.

Berbeda dengan album sebelumnya yang lebih bernuansa ‘band’, sentuhan elektronik akan lebih mendominasi album yang singlenya akan dirilis sepanjang 2018 dan 2019 mendatang.

Stereomantic dalam keterangan resmi yang diterima Media Indonesia, Kamis (8/11) menyebut pemilihan instrumentasi elektronik ini bukan tanpa sebab.

"Aroel sebagai musisi menginginkan sound yang modern namun terdengar lebih dewasa. Demikian juga beberapa materinya akan ditulis dalam Bahasa Inggris, mengingat musik tidak lagi mengenal batas negara. Distribusi secara digital pun tidak lagi bicara regional, kini lingkupnya sudah internasional. Namun demikian tetap ada lagu yang ditulis dalam Bahasa Indonesia, karena dengan perluasan wilayah distribusi itu juga, tak ada salahnya mengenalkan bahasa ibu ke dunia internasional," ungkap band yang beranggotakan Aroel, Maria Ferari, Ardi Smith, Pugar Restu Julian, dan Klio itu.

Baca juga: Spice Girls Menangis Usai Umumkan Reuni

Proses pengerjaan lagu baru itu makan waktu sekitar empat bulan, dari proses penciptaan sampai proses mastering.

Pembuatan single ini dibantu sepenuhnya oleh rekan-rekan musisi seperti Pandu Attahiyyat (bass) dan Ferdinand Adhitya (backing vocal). Sementara instrumen lainnya sampai proses mixing & mastering dikerjakan oleh Aroel sendiri (dibantu Pugar Restu Julian untuk proses masteringnya) di Studio Stereogenic. Ilustrasi artworknya dibuat oleh Hengki Kurniawan, sedangkan video klipnya disutradarai Asrul Hanif.

Notasi dan lirik lagu 11:11 ini dikerjakan oleh Maria.

"Lagu ini bercerita tentang sebuah harapan dan perubahan besar untuk menjadi lebih baik. Seperti Indonesia yang saat ini berada dalam proses memilih pemimpin, harapannya tentu mendapatkan yang terbaik bukan? Semangat itulah yang menjadi ide awal lagu ini tercipta," kata Maria.

Lalu kenapa harus 11:11, apakah ini penanda waktu?

"Antara ya dan tidak. Ya, ini sebuah penanda waktu ketika sering kali secara tidak sengaja melihat jam di layar ponsel. Tidak, karena sejatinya angka ini seringkali terlihat di beberapa tempat seperti plat nomor kendaraan, nomor antrian, dll. Secara numerologi punya banyak makna, salah satunya adalah kelahiran kembali dan kebahagiaan. Harapannya saat mendengarkan lagu ini, seburuk dan seberat apapun masalah yang sedang dihadapi kita masih bisa tersenyum," jelas perempuan yang juga vokalis Klarinet itu.

Baca juga: Stereomantic Rilis Single Tak Pernah Ada

Single11:11 bisa didengarkan di platform musik seperti Spotify, Applemusic, Joox, dan Deezer, juga diunduh melalui iTunes mulai Jumat (9/11).

Sedangkan EP rencananya akan dirilis secara digital bertepatan dengan Record Store Day pada April 2019. Adapun album baru Stereomantic baru bisa di-preorder via stereomantic.one@gmail.com pada tanggal yang akan ditentukan kemudian. (OL-2)

BERITA TERKAIT