Pemeriksaan Rizieq Kewenangan Arab Saudi


Penulis: Sunnaholomi Halakrispen - 07 November 2018, 21:40 WIB
AFP PHOTO
AFP PHOTO

MABES Polri tidak ikut campur soal pemeriksaan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab oleh pihak berwenang di Arab Saudi. Polisi juga belum mengetahui pasti masalah itu.

"Jadi, itu kewenangan negara yang bersangkutan jadi ada kedaulatan negara," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto, di Kantor Humas Polri, Jakarta Selatan, Rabu (7/11).

Setyo belum dapat banyak berkomentar mengenai perkara ini. Namun, kata Setyo, hukum yang berlaku di negara terkait sebaiknya dihormati.

"Sama dengan kita kalau ada masalah di luar negeri kalau orang luar negeri ikut-ikutan pasti kita enggak mau. Kita menghormati hukum-hukum yang berlaku," tutur dia.

Pada 5 November 2018, Rizieq ditahan aparat keamanan Arab Saudi untuk dimintai keterangan. Penangkapan atas laporan warga Makkah yang melihat bendera menyerupai bendera IS di depan rumah yang ditempatinya.

Rizieq kembali ke kediamannya di Makkah, Selasa (6/11) kemarin, sekitar pukul 20.00 waktu setempat. Terkait penangkapan itu, pejabat KJRI Jeddah telah memberikan pendampingan kepada Rizieq. (Medcom/OL-1)

BERITA TERKAIT