Bundamedik Kampanye Pencegahan Kanker Serviks


Penulis:  (*/H-2) - 07 November 2018, 08:15 WIB
BUNDAMEDIK
BUNDAMEDIK

KANKER serviks merupakan jenis kanker yang banyak menimbulkan kematian di Indonesia. Padahal, kanker tersebut dapat dideteksi dini melalui pap smear, juga dicegah melalui vaksinasi.

Karenanya, Bundamedik mengadakan sosialisasi untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kanker serviks serta menyediakan paket pap smear berbiaya terjangkau. "Melalui kegiatan ini kami mengimbau masyarakat untuk peduli terhadap kanker serviks dan melakukan pencegahan dengan vaksinasi serta mendeteksi sedini mungkin. Karena hingga saat ini di Indonesia merupakan penyakit berbahaya nomor satu bagi perempuan," ujar Direktur Utama PT Bundamedik, Nanik Indriani, pada kampanye program tersebut di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda Jakarta, akhir pekan lalu.

Ia menambahkan, vaksinasi pencegah kanker serviks, yakni vaksinasi human papilloma virus (HPV), diperuntukkan bagi anak usia 9 tahun ke atas. Vaksinasi itu untuk mencegah infeksi HPV yang diketahui merupakan virus penyebab kanker serviks.

Adapun layanan pap smear, lanjutnya, merupakan upaya untuk melihat ada tidaknya lesi prakanker (calon-calon sel kanker) pada serviks atau leher rahim. Pap smear dianjurkan untuk rutin dilakukan oleh perempuan yang sudah menikah atau pernah berhubungan seksual.

Layanan pap smear dengan harga khusus, yakni Rp199 ribu, yang sudah termasuk konsultasi dengan dokter itu tersedia di RSIA Bunda Jakarta, RSU Bunda Jakarta, RSU Bunda Margonda, RSU Bunda BMC Padang, RSIA Citra Ananda, dan BIC Clinic Pacific Place.

"Kita ingin meningkatkan kesehatan kaum perempuan sebab dari perempuan yang sehat, akan lahir generasi yang sehat pula," pungkas Nanik.

BERITA TERKAIT