Ini Dia Sayur Ajaibnya Para Nelayan di Pesisir Flores


Penulis: John Lewar - 31 October 2018, 17:55 WIB
MI/John Lewar
MI/John Lewar

BERPULUH tahun jantung pisang di kenal masyarakat pesisir (nelayan) pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, sebagai sayur andalan yang tak pernah layu dan mudah disimpan dalam jangka waktu lama, hingga lebih dari sebulan.

"Jantung pisang tahan dari sengatan matahari dan tidak mudah layu. Orang pesisir pantai menyebutnya sayur ajaib bagi nelayan karena tidak mudah rusak," ungkap Nur Hayati Alwi, peracik kuliner jantung pisang.

Nelayan di kawasan Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat misalnya, kerap membawa jantung pisang sebagai sayur andalan dalam  mencari ikan di laut hingga lebih dari dua pekan.

"Meski disebut masakan lokal, sayur khas masyarakat pesisir pantai ini pun sebenarnya siap diseleksi untuk masuk menjadi kuliner di pasar wisata guna menjamu tamu tamu asing maupun Nusantara," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Usaha Kecil dan Menengah NTT, Dominikus Yakel, Rabu (31/10).

Yakel saat itu menghadiri acara seleksi pangan lokal yang dihadiri pula oleh tim penilai masakan yaitu Chef Michael, seorang lulusan kuliner Perancis dan Pastor Theri yang pernah menekuni ilmu tata boga di sekolah memasak di Belgia.

Selama tiga hari berturut turut, ratusan warga Manggarai Barat mengikuti seleksi itu agar bisa membuka lapak jualan kuliner di Kampung Unjung, Kelurahan Labuanbajo.

"Rencananya awal Desember lokasi kuliner itu resmi dibuka untuk umum. Wisatawan bisa menikmati cita rasa masakan mulai dari pangan lokal, masakan tradisional, masakan Nusantara dan menu asing bergaya Eropa maupun Asia," terang Yakel.

Selain mengikuti seleksi, peserta juga harus mengisi formulir terkait syarat layak untuk dijual ke publik dan diawasi langsung oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan untuk wilayah kerja Labuanbajo.

"Keunikan masakan para peserta umumnya masuk dalam standar penilaian. Kami akan tetap memberi bimbingan sehingga wisatawan bisa merasakan kekhasan masakan lokal bernilai cita rasa dan bergizi," tambah Chef Michael.

Turun-temurun

Nur Haryati Alwi menuturkan, jantung pisang merupakan sayur kesukaan turun-temurun bagi nelayan pesisir.

Cara membuatnya, tambahnya, lawar jantung pisang diambil kulit dalamnya kemudian diiris tipis. Setelah itu dimasukkan dalam steam hingga masak kemudian dicampur dengan isi ikan bakar. Tambahan lainnya berupa kelapa parut yang disangrai dan diberi irisan bawang putih dan bawang merah goreng, daun kemangi dan jeruk nipis. Terakhir ditambah garam, sambal dan penyedap rasa. Bumbu yang sama juga bisa disajikan pada lawar cumi-cumi. (X-11)

BERITA TERKAIT