Bahaya Menyimpan Kentang di Kulkas


Penulis: Raka Lestari - 28 October 2018, 16:50 WIB
Thinkstock
Thinkstock

KENTANG termasuk dalam kelompok makanan yang sebaiknya tidak dimasukan ke dalam kulkas. Ini karena suhu lemari es yang dingin dapat mengubah pati dalam kentang menjadi gula.

Dilansir dari Reader's Digest, para ahli dari American Cancer Society memaparkan bahwa kentang yang telah disimpan dalam kulkas, kemudian digoreng atau dipanggang pada suhu di atas 250º F, maka gula dalam kentang akan bergabung dengan asam amino asparagin dan menghasilkan zat kimia yang disebut acrylamide.

Acrylamide adalah bahan kimia yang digunakan untuk membuat kertas, pewarna, dan plastik, serta untuk mengobati air minum dan kotoran.

Pnelitian pada tikus menunjukkan bahwa bahan kimia tersebut dapat meningkatkan risiko kanker pada subjek. Studi pada manusia belum menunjukkan bukti yang konsisten bahwa paparan acrylamide melalui makanan dapat meningkatkan risiko kanker, tetapi ada hasil yang beragam mengenai hubungan acrylamide dengan penyakit ginjal, endometrium, dan kanker ovarium.

Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tidak memasukkan kentang dalam lemari es dan mengurangi waktu memasak untuk menghindari kecoklatan dapat mengurangi kandungan acrylamide dalam kentang.

American Cancer Society menyarankan untuk menjauhkan kentang dari kulkas simpan di tempat yang sejuk dan kering, seperti lemari atau dapur, dan masak dalam waktu yang singkat.(medcom/OL-8)

BERITA TERKAIT