27 October 2018, 15:38 WIB

KPU dan Bawaslu Pantau Langsung PSU Pilkada Sampang


Antara | Politik dan Hukum

ANTARA
 ANTARA

KOMISI Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu memantau secara langsung pelaksanaan pemungutan suara ulang Pemilihan Kepala Daerah Sampang, Jawa Timur, Sabtu (27/10).

"Dari komisioner KPU RI yang dijadwalkan datang ke sini Ibu Evi Novinda Ginting Manik bersama rombongan dan dari Komisioner Bawaslu RI adalah Afifudin," kata Divisi Perencanaan dan Data KPU Sampang Addy Imansyah.

Ia menjelaskan, KPU, Bawaslu serta komisioner KPU dan Bawaslu Jatim, juga sejumlah komisioner KPU kabupaten/kota di Jawa Timur melakukan pemantauan langsung pelaksanaan PSU di sejumlah TPS di Kabupaten Sampang, baik di kota maupun di sejumlah desa yang pada pelaksanaan pilkada sebelumnya ditemukan ada penyimpangan.

"Kedatangan mereka selain untuk memastikan proses PSU sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan, juga memberikan dukungan moral kepada KPU Sampang agar pelaksanaan PSU berjalan dengan lancar dan aman," ujarnya.

Addy Imansyah menambahkan, semua tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 14 Kecamatan dengan jumlah 1.450 TPS itu, proses pemungutan sudah dibuka sejak pukul 07.00 WIB. "Alhamdulillah hingga pukul 12.00 WIB siang tidak ada laporan dari bawah terkait kekurangan logistik dan semua hal yang berkaitan dengan pelaksanaan PSU sesuai harapan," katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sampang Jonathan Judianto didampingi Kapolres AKBP Budi Wardiman, Dandim 0828 Sampang Letkol Czi Ari Syahrizal, dan Kepala Satpol-PP Jawa Timur Budi Santosa, serta Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Jatim Tedi Rustendi juga melakukan pemantauan secara langsung pelaksanaan PSU di Sampang. Pemantauan oleh Forkopimda Pemkab Sampang dilakukan di TPS di Kelurahan Gunung Sekar, Desa Pangung, dan Desa Astapah, Kecamatan Omben, Sampang. (Ant/OL-6)

BERITA TERKAIT