Toyota Kijang Evolusi Kemewahan Mobil Kebanggaan Keluarga Indonesia


Penulis: Ghani Nurcahyadi - 25 October 2018, 09:05 WIB
MI/RAMDANI
MI/RAMDANI

SELAMA 41 tahun Toyota Kijang sukses mewarnai perjalanan keluarga Indonesia. Kehadirannya yang perdana sebagai kendaraan niaga pada 1977 berkat program Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana (KBNS), berevolusi menjadi kendaraan keluarga yang hingga saat ini menguasai pasar mobil serba guna (multi-purpose vehicle) di Indonesia.

Seiring dengan evolusi tersebut, Toyota Kijang yang juga produksi lokal pertama Toyota Indonesia itu, ikut meningkatkan kualitasnya dari sisi eksterior maupun interior yang memberikan kenyamanan dan kemewahan bagi penggunanya. Toyota Kijang generasi terbaru yaitu Innova pun menjelma jadi salah satu MPV premium bagi keluarga Indonesia.

Evolusi besar-besaran Toyota Kijang hingga naik kelas menjadi mobil keluarga yang mewah dimulai pada 1986 lewat Kijang generasi ketiga yang sudah mengadopsi Toyota Original Body yang menjadikannya sebagai minibus pertama yang memiliki kualitas body bebas dempul setara dengan mobil sedan.

Teknologi full pressed body merupakan suatu teknokogi canggih kala itu berupa pengepresan pelat body setebal 1,2 milimeter oleh mesin cetak bertekanan tinggi 1.500 ton. Mesin itu didatangkan dari Jepang untuk membuat bentuk dan lekukan panel bodi lebih presisi. Teknologi ini dapat mengurangi 2-5 kiogram dempul per mobil.

Toyota Kijang makin mengukuhkan statusnya sebagai mobil keluarga serba guna dan mewah lewat kehadiran Toyota Kijang Innova yang merupakan generasi kelima dari keluarga Toyota Kijang. Mobil yang diluncurkan pertama kali pada 2004 iru sudah masuk dalam proyek global IMV yang menjadikannya sebagai mobil MPV sesungguhnya.

Bentuk kemewahan Kijang Innova diwujudkan lewat fleksibilitas kabin ala MPV modern yang memungkinkam jok baris ketiga dan baris kedua dilipat sehingga menyisakan ruang kabin lebih luas yang mampu membawa hingga 2 sepeda gunung. Transformasi kemewahan Toyota Kijang Innova pun terus berlanjut dibawah tangan dingin Executive Chied Designer Toyota.Hiroki Nakajima.

Lewat kreasi Nakajima, lahir Toyota Kijang generasi keenam yang disebutnya sebagai multi-performance vehicle. Pengembangan desain Innova terbaru didasarkan pada konsep tough untuk memberikan kesan gagah pada sebuah MPV. Ubahan yang dilakukan sangat signifikan, tanpa melupakan DNA Kijang Innova yang legendaris.

Grille berbentuk hexagonal memberikan efek tiga dimensi yang menyatu dengan kap mesin serta lampu utama yang terlihat kian modern dan mewah. Dua bilah pada grille menciptakan impresi yang bertenaga dan menampilkan sosok profokatif yang gagah.Sementara buritan pun tampil kokoh dan tangguh. Rear combination lamp pun di desain agar menampilkan kesan struktural yang inovatif dan emotional. Bahkan, lampu yang berdesain sloped, memberi tatapan sangar dari belakang.

Agar sosok All New Kijang Innova terlihat sophisticated, desain pelek pun semakin modern didukung dengan wheel fender depan belakang yang memiliki garis tegas hingga buritan.

Di sisi interior All New Kijang Innova mengedepankan kenyamanan, ruang lapang serta terdapat unsur kemewahan yang dapat dinikmati oleh pengemudi maupun penumpang. Desain dasbor terkesan lebih lapang yang menyatu dari area pengemudi ke penumpang depan, sehingga memberi suasana yang luas dan lapang.

Steering Switch tersedia di setiap line-up untuk memberikan kemudahan bagi pengemudi untuk mengatur audio, telepon serta interface menu di MID. Kenyamanan penumpang belakang pun dimanjakan dengan seatback table (Venturer, Q Gasoline & V Grade) serta rear seat console tray (All grade) dengan port 12V yang bisa digunakan sebagai gadget charger.

Kemewahan Toyota Kijang makin ditegaskan lewat kehadiran Innova Venturer pada 2017 unruk mengakomodasi keinginan pengguna Toyota Kijang yang menginginkan mobil yang bukan sekedar MPV dan mobil yang lebih terlihat tangguh. Kemewahan tersemat dari adopsi black leather seat pada seluruh bagian kursi tanpa menghilangkan safety airbagnya untuk menghadirkan kabin yang mewah dan prestise. (OL-1)

 

BERITA TERKAIT