2040, Harapan Hidup Orang RI 76,7 Tahun


Penulis:  (RO/H-2) - 24 October 2018, 09:20 WIB
.MI/ANGGA YUNIAR
.MI/ANGGA YUNIAR

SEBUAH studi terbaru yang memprakirakan usia harapan hidup (UHH) serta penyebab utama kematian di 2040 memperlihatkan seluruh negara akan mengalami penambahan UHH, termasuk Indonesia.

Indonesia, dengan UHH 71,7 tahun di 2016, menempati peringkat ke-117 dari 195 negara. Studi yang diterbitkan pekan lalu dalam jurnal medis internasional The Lancet itu memperkirakan, pada 2040, UHH Indonesia bertambah 5,1 tahun menjadi 76,7 tahun. Peringkatnya pun naik ke urutan 100.

Namun, dengan skenario yang lebih baik (sistem kesehatan yang lebih baik dari sekarang), UHH Indonesia sebenarnya bisa bertambah hingga 8,4 tahun. Sebaliknya, dengan 'skenario yang lebih buruk', UHH hanya akan bertambah 1,8 tahun.

"Masa depan kondisi kesehatan di dunia, tidak sepenuhnya ditentukan takdir. Apakah kita dapat melihat perubahan signifikan, tergantung pada seberapa bagus atau buruknya sistem yang ada dalam mengatasi dan menangani berbagai faktor penentu utama masalah kesehatan," kata Dr Kyle Foreman, Director of Data Science - Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di Universitas Washington, AS, yang juga merupakan penulis utama dari studi itu.

Ia menambahkan, lima penentu utama masalah kesehatan yang menyebabkan kematian dini di masa mendatang ialah tekanan darah tinggi, indeks massa tubuh yang tinggi (kegemukan), kadar gula darah yang tinggi, kebiasaan merokok, dan mengonsumsi alkohol. Adapun polusi udara ada di urutan keenam.

BERITA TERKAIT