Bawaslu Loloskan 95 Caleg PBB dalam Daftar Calon Tetap DPR RI 2019


Penulis: Insi Nantika Jelita - 12 October 2018, 14:56 WIB
MI/M. Irfan
MI/M. Irfan

BADAN Pengawas Pemilu mengabulkan permohonan gugatan dari Partai Bulan Bintang (PBB) yang meloloskan 95 calon legislatifnya dalam Pemilu 2019.

"Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian," ujar Ketua Majelis Hakim, Abhan, Di Gedung Bawaslu, kemarin (11/10).

Sebelumnya 95 caleg dari PBB dinyatakan tidak memenuhi syarat ppoleh KPU dalam Daftar Calon Tetap (DCT). Kemudian dalam putusan sidang ajudikasi, Bawaslu memerintahkan KPU membatalkan putusan yang tidak meloloskan 95 caleg PBB.

"Memerintahkan termohon untuk membatalkan keputusan KPU nomor 1129/PL dan seterusnya dibacakan tanggal 20 September 2018 tentang Daftar Calon Tetap yang tidak mencantumkan 95 bakal calon dari pemohon," kata Ketua Bawaslu tersebut.

Kemudian menurut putusan yang disampaikan Abhan, memberikan kesempatan pada 95 caleg PBB untuk mengajukan verifikasi dokumen fisik.

"Memerintahkan termohon untuk memberikan kesempatan kepada pemohon untuk mengajukan kembali dan selanjutnya dilakukan verifikasi terhadap 95 dokumen fisik pengajuan bakal calon anggota DPR RI yang tidak tercantum dalam silon sesuai peraturan perundang-undangan," jelas Abhan

Kemudian lanjut Abhan untuk memerintahkan KPU mencatumkan 95 caleg PBB dalam Daftar Calon Tetap.

"Memerintahkan termohon untuk melengkapkan 95 bakal calon dari pemohon dalam Daftar Calon Tetap sepanjang pemohon melengkapi persyaratan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," ujarnya.

Terakhir dalam putusan sidang ajudikasi, Abhan memerintahkan KPU melaksanakan putusan tersebut paling lama 3 hari kerja sejak putusan dibacakan. (OL-4)

BERITA TERKAIT