Jaringan Komunikasi di Sulteng Pulih 88%


Penulis: Dhika Kusuma Winata - 12 October 2018, 13:50 WIB
ANTARA
ANTARA

PEMULIHAN jaringan telekomunikasi di wilayah terdampak gempa Sulawesi Tengah terus diupayakan pemerintah. Hingga saat ini pemulihan infrastruktur telekomunikasi mencapai 88%.

"Jaringan telekomunikasi seluler yang sudah berfungsi mencapai 88,06% atau sebanyak 3.099 BTS sudah berstatus aktif," kata juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Ferdinandus Setu, melalui keterangan pers yang diterima, Jumat (12/10).

Sebanyak 64 unit telepon satelit juga telah didistribusikan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kemenkominfo ke posko-posko penanganan pengungsi di wilayah Sulawesi Tengah.

Petugas dan warga dapat menggunakan telepon satelit tersebut untuk koordinasi dan komunikasi percepatan pemulihan pasca-bencana.

"Warga juga dapat menggunakan telepon satelit untuk mengabarkan kondisi terkini mereka di posko pengungsian," ujar Ferdinandus.

Dia menambahkan pihaknya juga telah mengoperasikan 17 perangkat internet satelit di posko-posko pengungsian di Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Sigi. Sebanyak 2 perangkat tambahan akan dipasang di wilayah Danau Lindu dan Tulawi.

"Tersedianya perang internet satelit ini memungkinkan warga dapat melakukan mengakses internet secara gratis." (OL-3)

BERITA TERKAIT