Bidik Medali Paralimpiade


Penulis: (Rul/R-3) - 12 October 2018, 00:15 WIB
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

SAPTO Yogo Purnomo telah bermimpi lama untuk menjadi manusia tercepat di multiajang Asian Para Games (APG) 2018. Akhirnya impian Sapto menjadi kenyataan.

Bahkan sebagai manusia tercepat untuk atlet disabilitas di kawasan Asia, Sapto dapat meraih medali emas untuk dua nomor, 100 meter T37 dan 200 T37 putra. Bukan hanya merebut dua medali emas, dia sukses memecahkan rekor Asia.  

Untuk nomor 100 meter T37, Sapto mencatatkan waktu 11,49 detik. Dengan catatan waktu yang ditorehkannya, dia mampu melampaui rekor yang dibukukan Yongbin Lian dari Tiongkok.

Dengan dua medali yang direbutnya sekaligus memecahkan rekor Asia, Sapto yang kini menginjak usia 20 tahun ingin menorehkan prestasi di level yang lebih tinggi.

Kini Sapto mempunyai impian untuk merebut medali emas pada multiajang lebih tinggi, yakni di Paralimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.     

“Motivasi saya mengincar emas di sini ialah ingin mengikuti Paralimpiade 2020 di Tokyo soalnya saya ingin sekali mengikutinya,” kata Sapto kepada Media Indonesia beberapa waktu lalu.

“Karena itu, saya sudah puas dengan hasil di sini. Dari yang semula hanya ditargetkan di nomor 100 meter dan 200 meter hanya perak, ternyata saya bisa melampaui target itu dan meraih emas di keduanya,” ujar Sapto.

Ia mengaku sangat bangga saat melihat bendera Merah Putih berkibar dan lagu Indonesia Raya berkumandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno,  Jakarta.

Kini atlet asli Banyumas, Jawa Tengah, tersebut bertekad untuk mengibarkan Merah Putih di multiajang Paralimpiade Tokyo 2020 mendatang.

“Saya hanya ingin melihat Merah Putih berkibar, Tak masalah saya mendapat perunggu juga yang penting saya ingin melihatnya berkibar di Paralimpiade 2020 nanti,” tegas Sapto.

“Saya ingin merasakan kebanggaan seperti di sini soalnya engga semua orang bisa melakukan hal seperti ini,” paparnya.

Sapto memulai kariernya sebagai atlet paralimpik sejak 2016. Bahkan dia mampu meraih 5 medali emas untuk Jawa Tengah di Pekan Paralimpiade Nasional 2016 silam. (Rul/R-3)

BERITA TERKAIT