Pemkot Malang Salurkan Bantuan ke Sulteng


Penulis: Bagus Suryo - 11 October 2018, 19:50 WIB
 ANTARA FOTO/Sahrul Manda
ANTARA FOTO/Sahrul Manda

PEMERINTAH Kota Malang, Jawa Timur, mengirimkan bantuan untuk korban bencana gempa di Palu, Sigi, Donggala, Sulawesi Tengah, Kamis (11/10).

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Handi Priyanto kepada wartawan mengatakan bantuan bagi korban gempa itu, yakni makanan siap saji, selimut, perlengkapan bayi, pembalut wanita, popok bayi, perlengkapan mandi, sandal, sepatu, terpal. Selain itu ada donasi uang sementara ini terkumpul Rp82,519 juta.

Bantuan diberangkatkan usai apel pagi di Balai Kota Malang. Pada kesempatan itu Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan seluruh aparatur sipil negara (ASN) diharapkan turut membantu korban bencana meski sudah menyalurkan donasi berupa barang yang diberangkatkan dari Malang melalui Lantamal Surabaya.

Sebanyak 7.300 ASN, lanjut Sutiaji, dianjurkan memberikan donasi setidaknya Rp1.000 per pegawai setiap harinya. Uang yang sudah terkumpul itu nantinya disalurkan ke Sulawesi Tengah untuk korban bencana.

"Meskipun donasi berupa barang sudah diberangkatkan akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk terus melakukan donasi berupa uang, yang nanti akan kami teruskan ke Sulawesi Tengah," ujarnya.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menambahkan betapa pentingnya berbagi untuk korban bencana. Untuk itu ia berharap dengan perbuatan baik ini bisa menambah semangat para ASN di organisasi perangkat daerah untuk melakukan kinerja yang baik sehingga prestasinya semakin meningkat.

"Kita harus banyak bersyukur karena kita masih diberi keselamatan dan kita masih dapat berbagi untuk saudara kita yang mendapat bencana yakni di Palu, Sigi, dan Donggala Sulawesi Tengah," tuturnya.

Adapun bantuan yang sudah dikirim berupa pakaian 178 karung, makanan siap saji 60 kardus, selimut 3 kardus 76 buah, perlengkapan bayi 2 kardus, pembalut wanita dan popok bayi 7 kardus, perlengkapan mandi 4 kardus, sandal dan sepatu 2 kardus dan terpal 25 buah. Untuk donasi berupa uang sementara terkumpul Rp82.519.000. (OL-1)

BERITA TERKAIT