Abdul Hafidz Banggakan Batik Lasem


Penulis:  (*/H-2) - 09 October 2018, 00:15 WIB
MI/MOHAMAD IRFAN
MI/MOHAMAD IRFAN

BATIK tulis Lasem asal Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, tampil dalam pameran Tribute to Batik yang digelar di Pasaraya, Jakarta, Jumat (5/10). Bupati Rembang, Abdul Hafidz, mengaku sangat bangga batik dari daerahnya bisa tampil di pamerah yang digelar untuk memperingati Hari Batik Nasional itu.

Dalam sambutannya dia menjelaskan batik Lasem memiliki nilai historis dan filosofis yang menonjol. "Kabupaten Rembang ini terkenal ke mana-mana karena Batik Lasem. Kenapa Batik Lasem terkenal? Karena memang sudah sejak dahulu para jawara dari luar negeri, dari Jepang, dari Tiongkok, kalau ke Indonesia pasti lewatnya Lasem, sehingga disebut warna batiknya tiga negeri," ungkapnya.

Ia mengisahkan dirinya pernah mengirim batik Lasem ke Afrika. Sebanyak 100 potong terjual hanya dalam waktu dua hari. Itu membuktikan batik Lasem diminati kalangan mancanegara.

"Ya, pernah kami mencoba untuk membawa batik Lasem ke Afrika. Pada saat itu Nelson Mandela yang bersinggasana. Saya mencoba, teman saya yang ke sana saya titip bawa 100 potong, tidak lebih dari dua hari habis. Karena apa, karena batik Lasem itu tidak bisa ditiru oleh yang lain. Orang sana, kalau pakai itu jadi kebanggaan," tutupnya. (*/H-2)

BERITA TERKAIT