KPU: Ada Potensi DPT Mencapai 31 Juta Pemilih


Penulis: Nurjianto - 05 October 2018, 15:50 WIB
MI/Bary Fathahilah
MI/Bary Fathahilah

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Aziz menuturkan ada potensi sebanyak 31 juta pemilih yang sudah merekam KTP-el namun belum masuk kedalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2019. 

Jumlah terebut ditemukan dari hasil analisis Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri yang diterima oleh KPU.

Dirinya menuturkan, data tersebut merupakan hasil dari analisis dukcapil terhadap data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dengan DPT yang sudah dibuat KPU.

"Berdasarkan surat dari dukcapil analisis DPT pemilu disampaikan salah satu poinnya terdapat 31.975.830 jiwa pemilih yang sudah melakukan perekaman data KTP elektronik tapi belum masuk DPT kita," ujar Viryan di Hotel Aryaduta, Jakarta, Jumat (5/10).

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali meminta agar KPU, Bawaslu serta Kemendagri segera mengklarifikasi hal tersebut sehingga mendapatkan jumlah yang sesuai. Pasalnya, data tersebut kerap dijadikan acuan untuk parpol dalam menentukan strategi-strategi serta kinerja mesin parpol.

Pihak komisi II pun merencanakan akan mengundang pihak Kementerian Dalam Negeri, KPU, dan Bawaslu untuk dapat mencari titik temu terkait data yang dimiliki dan digunakan oleh masing-masing lembaga tersebut dalam penyusunan DPT. Hal tersebut rencananya dilakukan pada 16 Oktober mendatang.

"Kami berharap batas 60 hari itu benar bersih datanya, dapat dipertanggungjawabkan, dan diakui semua pihak. Sebab muncul angka 31 juta dari Dukcapil. Angka 31 juta ini bukan barang yang sedikit," ujar Zainuddin. (OL-3)

BERITA TERKAIT