Satu Lagi Pejabat Pemkot Pasuruan Diamankan KPK


Penulis: Abdus Syukur - 04 October 2018, 16:05 WIB
 ANTARA FOTO/Ampelsa
ANTARA FOTO/Ampelsa

SETELAH menyegel empat ruangan di lingkungan Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan, KPK kembali menyegel ruangan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kamis (4/10). Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Siti Amini juga diamankan KPK beserta setumpuk berkas.

Berbeda dengan penyegelan empat ruangan sebelumnya, penyegelan di Dinas Koperasi dan UMKM ini dilangsungkan siang hari dan tidak ada yang menyangka. Pasalnya, lokasi Dinas Koperasi dan UMKM terpisah sekitar 3 kilometer (km) dari Kantor Pemkot Pasuruan.

"Datang itga orang tamu dan menanyakan ruangan kepala dinas. Mereka masuk ke ruang kepala dinas dan beberapa saat berikutnya, Ibu kepala dinas memanggil sejumlah staff, saya tidak dipanggil," kata Pengelola Pemanfaatan Barang Milik Daerah Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Fuad Harianto, Kamis (4/10).

Selanjutnya Siti Amini keluar dari ruangannya dengan membawa tumpukan berkas. Para staf di tempat itu tidak menyangka jika yang datang itu adalah orang KPK.

"Tahunya waktu setelah mengunci ruangan kepala dinas yang sempoat macet. Mereka langsung menyegel pintu. Baru itu saya tahu, ternyata mereka orang KPK," imbuh Fuad.

Siti Amini tidak sempat pamit kepada para stafnya, kemana hendak pergi dan untuk apa. Dia dibawa ketiga orang KPK itu dengan menaiki sebuah mobil, yang terus meluncur.

Sementara, Wakil Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo membenarkan jika empat ruangan di lingkungan Pemkot Pasuruan disegel oleh KPK. Malahan saat menemui wartawan, Teno masih belum mengetahui jika ruangan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM juga disegel KPK.

Terkait keberadaan Wali Kota Pasuruan, Setiyono, yang ruangannya juga disegel oleh KPK, dia menegaskan tidak mengetahui keberadaan Setiyono. Bahkan dia membantah dengan tegas jika Setiyono ditangkap KPK.

"Benar ada aktivitas penyidikan KPK dan menyegel sejumlah ruangan, sedangkan Pak Wali Kota, kami belum mendapat konfirmasi. Tadi pagi sempat pamit ke luar kota dan mendisposisikan agendanya ke Pak Sekda," ucap Teno. (OL-3)

BERITA TERKAIT