Meneropong Prospek Industri Klinik Perawatan Kulit di Tanah Air


Penulis: Micom - 21 September 2018, 11:20 WIB
Ist
Ist

SAAT ini, rata-rata pertumbuhan industri perawatan kulit mengalami pertumbuhan lebih dari 15%. Hal itu diungkapkan CEO Derma Global Ventura (holding company Erha Clinic Indonesia), Alfons Sindupranata.

Menurut Alfons, angka ini tergolong masih tinggi jika dibandingkan dengan negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura, yang sudah di bawah 10%.

Apalagi, jumlah penduduk Indonesia yang cukup besar dan semakin banyak masyarakat yang peduli untuk merawat kulit, membuat industri perawatan kulit, termasuk klinik perawatan kulit, makin tumbuh.

Untuk tetap bertahan di tengah persaingan klinik perawatan kulit yang kian ketat, salah satu kiat Erha ialah terus berupaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, dalam hal ini para dokter dan bagian pengembangan produk untuk dapat memberi pelayanan terbaik pada pelanggan.

Lebih Banyak Dokter Spesialis
Dalam kesempatan yang sama, Noviana Supit, Managing Director Erha Clinic, menambahkan, jika dibandingkan dengan klinik kecantikan lainnya, ia mengklaim bahwa Erha Clinic selain dengan inovasi-inovasi produk dan teknologi lasernya, juga menempatkan lebih banyak dokter spesialis kulit dan kelamin atau SpKK jika dibandingkan dengan klinik kompetitor sejenis sehingga memberi jaminan kepuasan bagi pasien untuk mengatasi masalah kulitnya.

"Ada 174 SpKK yang bekerja sama dengan Erha. Di luar dari SpKK, ada dokter umum tapi lebih karena Erha bukan hanya berada di kota besar, ada juga di secondary city.

Total saat ini kita sudah ada 91 cabang klinik dan opening soon di beberapa kota lagi," jelas Novi dalam keterangannya, Kamis (20/9).

Menjawab Kebutuhan Konsumen
Erha Clinic sendiri memosisikan diri sebagai klinik perawatan kulit yang memiliki dua solusi perawatan, pertama, fokus pada kebutuhan yang spesifik untuk masing-masing pelanggan dan kedua, menyediakan produk perawatan yang dijual bebas tanpa resep dokter.

Alfons mengatakan, solusi pertama bisa menjadi pilihan tepat bagi pelanggan yang ingin mengetahui lebih jauh permasalahan kulitnya dengan ahlinya.

Sementara solusi kedua bisa dipilih pelanggan yang tak memiliki waktu untuk berkonsultasi dengan dokter.

"Selain layanan di klinik yang sangat lengkap dan dijalankan oleh para ahli yang berpengalaman, range produk kita yang dijual bebas juga sangat banyak, sehingga untuk orang yang belum ada waktu bertemu dokter atau baru mau coba produk Erha, bisa dilayani juga juga oleh Erha," tandasnya.

Diakui oleh Konsumen
Perjalanan panjang Erha Clinic tentunya tidak terlepas dari komitmen Erha Clinic dalam memberikan solusi perawatan kulit kepada konsumen, sehingga Erha Clinic mendapatkan tempat tersendiri di hati konsumennya. Selain itu institusi bisnis dan media juga memberikan peranan penting dalam perkembangan Erha Clinic, hal ini juga tecermin dengan diterimanya penghargaan sepanjang satu dekade belakangan  ini.

Dimulai dari WOW Brand, Indonesia  Most Innovative Business Award, Best Outstanding Corporate Innovator Award, Corporate Image Award, Top Brand, Service Quality Award dan terakhir Indonesia Original Brand Award yang diterima Agustus 2018 lalu.

Laki-laki mulai Merawat Kulit
Klinik perawatan kulit dulu identik dengan kaum hawa. Namun beberapa tahun terakhir, jumlah laki-laki yang mengunjungi klinik perawatan kulit untuk menjalani perawatan baik muka maupun rambut terus melonjak.

Novi mengatakan jika pada awal berdirinya Erha Clinic pada 1999, pengunjung klinik didominasi perempuan. Namun dalam 5-6 tahun terakhir, 20% pelanggannya adalah laki-laki.

"Kita surprise sekali. Kalau dulu semua pelanggan perempuan sekarang mulai banyak laki-laki yang menyadari kesehatan kulit. Kalau dilihat porsinya 80% perempuan, dan sisanya 20% laki-laki," ujar Novi.

Ia menambahkan, umumnya para laki-laki yang menjadi pelanggan Erha Clinic hadir dengan masalah kulit yang bervariasi.

Berdasarkan usia, remaja laki-laki biasanya datang dengan keluhan jerawat, sementara pada lelaki matang berusia 40 tahun ke atas datang dengan masalah pada rambut.

Solusi Lengkap Permasalahan Kulit
Sejak berdiri mulai 28 September 1999 lalu, Erha Clinic terus memposisikan diri sebagai klinik yang menyediakan solusi yang terdepan, terinovatif bagi berbagai masalah kulit mulai dari kepala, muka, badan, tangan, kaki bahkan kuku.

Tak hanya untuk mengatasi masalah kulit terkait gaya hidup, Erha Clinic kata Novi juga menyediakan solusi untuk masalah kulit secara umum mulai dari penanganan infeksi jamur, virus seperti cacar air ataupun herpes, infeksi bakteri, gigitan serangga, eksim, alergi, gangguan pigmentasi sampai ke permasalahan pada rambut.

"Dengan semakin menjamurnya klinik lifestyle dari sisi kompetitor, Erha juga mau mengajak masyarakat bahwa Erha bukan hanya skin care dan beauty clinic tapi juga bisa memberi penanganan untuk masalah kulit umum tersebut. Jadi bisa dikatakan kami one total solution untuk masalah kulit," tandas dia. (RO/OL-1)

BERITA TERKAIT