GIIAS Surabaya 2018 Gandeng Industri Kecil-Menengah


Penulis: Gnr/S-4 - 20 September 2018, 07:30 WIB
ANTARA/MOCH ASIM
ANTARA/MOCH ASIM

RANGKAIAN  ketiga dari ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 hadir di Surabaya, Jawa Timur, pada 15-23 September 2018. Ajang yang berlangsung di Grand City Convex tersebut diikuti 70 ekshibitor yang terdiri dari 11 mobil penumpang, 4 sepeda motor, dan puluhan usaha pendukung otomotif.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebagai penyelenggara juga melibatkan industri kecil dan menengah (IKM) bidang otomotif mengikuti GIIAS Surabaya 2018. IKM menjadi salah satu kontributor utama dalam industri pendukung otomotif.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim Drajat Irawan mengungkapkan industri pendukung otomotif di Surabaya pada tahun lalu menyumbang hingga US$256,56 juta dari beberapa komponen seperti pelek, tutup pelek, rem, dan rem piston. "Atas nama Pemerintah Provinsi Jatim, saya menyampaikan apresiasi kepada GIIAS sehingga memfasilitasi IKM kita diikutsertakan pada event berskala internasional ini. Saya berharap pameran ini dapat memberi manfaat bagi Jawa Timur, baik dari segi industri maupun kesejahteraan masyarakat," ujar Drajat saat membuka GIIAS Surabaya.

Data Pemerintah Provinsi Jatim menunjukkan pada semester I tahun ini, pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut mencapai 5,52%, atau berada di atas pencapaian pertumbuhan ekonomi nasional. Pendapatan lewat pajak daerah dan retribusi daerah Jatim mencapai Rp544,43 triliun dengan kontribusi terbesar dari sektor industri pengolahan sebesar 29,09%.

Dengan melihat data itu, Ketua III Gaikindo Rizwan Alamsjah meminta pelaku industri otomotif Jatim turut memberikan kontribusi hingga tingkat nasional dengan bertumbuh bersama. Gaikindo optimistis bahwa Jatim akan selalu mengalami pertumbuhan ekonomi seiring dengan perkembangan industri otomotif.

GIIAS Surabaya 2018 berlangsung lebih lama di tempat yang lebih luas dengan mengusung tema Autovaganza. Selain pameran otomotif, pengunjung akan dihibur dengan berbagai program acara seperti GIIAS Surabaya Auto Contest, Car & Motorcycle Modification, Audio Contest, Thematic Ladies Car and Classic Car Night, Auto Show Music Lounge, penampilan female DJ, live music, hingga food court.

Harga tiket selama pelaksanaan GIIAS Surabaya 2018 hanya sebesar Rp20 ribu. Pada Senin-Jumat pameran dibuka pukul 11.00-21.00 WIB dan pukul 10.00-21.30 saat akhir pekan.

Sejumlah agen pemegang merek (APM) menyiapkan beberapa program dan penawaran menarik. Contohnya Wuling Motors yang memberikan penawaran kepada konsumen yang melakukan pembelian selama masa pameran dengan tanda jadi senilai Rp5 juta berhak mengikuti lucky dip yang berhadiah Iphone X, smartphone, logam mulia 5 gram, aneka peralatan elektronik, kartu e-toll, dan beragam hadiah menarik lain dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Penawaran menarik lain dihadirkan Honda melalui beberapa promosi yang terangkum dalam Honda Mega Deal. Di antaranya, undian berhadiah, promosi kredit ringan, dan kesempatan menyaksikan laga basket NBA tahun depan.

BERITA TERKAIT