CAR-T, Imunoterapi Baru Pembasmi Sel Kanker


Penulis: (*/H-2) - 19 September 2018, 05:00 WIB
Thinkstock
Thinkstock

IMUNOTERAPI atau terapi yang memperkuat sistem imun tubuh menjadi salah satu andalan baru dalam pengobatan kanker. Salah satu jenis imunoterapi yang terbaru ialah chimeric antigen receptor T-cell immunotherapy (CAR-T).

Dalam seminar kesehatan di Jakarta, Kepala Onkologi Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou, Tiongkok, Profesor Peng Xiao Ch, menjelaskan saat ini terapi CAR-T dilakukan pada kasus-kasus kanker yang sudah tidak dapat obati dengan berbagai terapi atau yang kambuh berulang kali.

CAR-T dilakukan dengan mengambil darah pasien, memisahkan komponen T-cell-nya, mengubah T-cell tersebut menjadi CAR-T, memperbanyaknya, lalu hasilnya diinfus ke pasien. CAR-T mampu mengenali dan membunuh sel-sel kanker secara spesifik sehingga tidak mengganggu sel-sel sehat, berbeda dengan kemoterapi.

"Terapi ini merupakan imunoterapi terbaru yang paling maju saat ini yang mampu memberikan harapan kesembuhan bagi para penderita kanker," katanya.

Terapi CAR-T telah diuji klinis dan dipraktikkan di Amerika, Jepang, Jerman, dan Tiongkok. Di Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou terapi tersebut berhasil mengobati pasien kanker darah (leukemia), multiple myeloma, dan limfoma. (*/H-2)

BERITA TERKAIT