Otoritas AS Ingatkan Badai Florence belum Usai


Penulis: AFP/Yan/I-3 - 16 September 2018, 23:15 WIB
AFP/Alex Edelman
AFP/Alex Edelman

PIHAK berwenang Amerika Serikat (AS), pada Sabtu (15/9), memperingatkan warga yang mengungsi tentang amukan badai Florence yang belum menunjukkan tanda-tanda selesai. Pasalnya, badai tersebut masih akan membawa curah hujan yang deras di seluruh wilayah AS bagian tenggara.

Hal itu diperkirakan dapat menimbulkan bencana banjir. Sejauh ini, akibat amukan badai Florence, setidaknya sembilan warga tewas. Sebagian besar korban jiwa ditemukan di Carolina Utara. Pejabat setempat secara resmi telah mengonfirmasi delapan korban.

"Mereka yang meninggal ialah tiga orang karena banjir bandang dan air deras di jalan raya," demikian diungkapkan Kantor Duplin County Sheriff. Seorang perempuan dan bayinya termasuk di antara korban meninggal dunia.

Keduanya tewas ketika sebatang pohon tumbang dan menimpa rumah mereka. Ibu dan bayi tersebut tercatat sebagai korban meninggal yang ke-10 dan ke-11.

Badai Florence mulai mendarat di AS pada Jumat (14/9) sebagai topan kategori satu. Saat menghampiri daratan AS, topan itu secara terus-menerus meluluhlantakkan permukiman di sepanjang pantai timur.

Pepohonan tumbang dan listrik terputus. Hal itu memaksa sekitar 20 ribu orang mengungsi. Pada Sabtu (15/9), sejumlah warga mencoba kembali ke rumah mereka.

BERITA TERKAIT