Kang Emil dan Kang Bima akan Bangun Masjid Terapung di Bogor


Penulis: Dede Susianti - 16 September 2018, 19:00 WIB
MI/Dede Susianti/Humas Pemkot Bogor
MI/Dede Susianti/Humas Pemkot Bogor

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil, mengunjungi Kota Bogor, akhir pekan lalu atau Sabtu (15/9). Kunjungan itu merupakan yang pertama pascapelantikannya sebagai Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023.

Kedatangan Kang Emil yang diterima langsung Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto atau akrab juga disapa Kang Bima, tidak dengan tangan hampa. Kang Emil, datang membawa buah tangan untuk warga Kota Bogor yang bernilai puluhan miliar.

Kang Emil dan Kang Bima berencana membangun sebuah masjid terapung di Kota Bogor. Rencana itu terungkap dalam obrolan santai mereka di kediaman pribadi Kang Bima.

Obrolan santai itu dilakukan saat mereka sarapan bersama. Selain mereka berdua, hadir juga Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria dan Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Bogor, Ade Sarip Hidayat. Sebelumnya mereka salat subuh bersama di Masjid Raya Kota Bogor di Jalan Pajajaran.

Kesempatan itu juga diambil Kang Bima untuk menyampaikan laporan mengenai progres pembangunan wilayahnya kepada gubernur. Baik yang sudah dilakukan, sedang berjalan hingga yang akan dikerjakan.

Terkait rencana pembangunan masjid terapung, Kang Bima pun mencuri kesempatan dan berani memanfaatkan Kang Emil yang jago mendesign. Latar belakang Gubernur Jawa Barat ini adalah arsitek. Kang Bima meminta Kang Emil medesign secara khusus masjid tersebut.

“Alhamdulillah direspon Kang Emil, yang mendapat ilham dan langsung digambarkan konsepnya. Nanti Kota Bogor akan memiliki masjid terapung yang didesain langsung Kang Emil,” ujar walikota.

Saat itu, Kang Emil langsung menunjukan sebuah desain gambar yang masih berupa coretan tangannya, di atas secarik kertas, kepada Kang Bima.

"Ini gambarnya, bentuknya terilham dari bunga teratai. Nantinya masjid ini terapung di atas air. Insya Allah, ini masjid pertama di dunia yang terlihami dari bunga teratai," ungkap Kang Emil.

Rencananya, masjid terapung ini akan dibangun di atas Setu Gede, yang berada di kawasan Cifor, Kecamatan Bogor Barat.

Mengenai sumber dana, Sekda Ade Sarip, berseloroh. Dia menyebut bahwa pembangunan masjid terapung ini pasti akan cepat terealisasi, jika mendapatkan dukungan anggaran dari Provinsi Jawa Barat.

"Berarti dibantu APBD Pemprov Jabar juga ya Pak Gubernur. Kota Bogor hanya menyediakan lahan saja," ujar Ade yang disambut tawa yang lain, termasuk Kang Emil.

Dalam kesempatan itu, Kang Emil mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, akan memberikan sejumlah bantuan hibah yang nilainya cukup fantastis.

"Dalam 5 tahun kepemimpinan saya, ada bantuan hibah pembangunan untuk Kota Bogor. Mulai dari ruang terbuka hijau senilai Rp15 miliar, bantuan pembangunan 2 flyover, gedung creative center, bus pariwisata, hingga Rp40 milyar untuk membuka destinasi wisata baru. Ini hadiah untuk warga Kota Bogor,” pungkas Kang Emil. (OL-2)

BERITA TERKAIT