Dirjen Pas: Ukuran Kamar di Lapas Sukamiskin Memang Ada Perbedaan


Penulis: M Taufan SP Bustan - 14 September 2018, 21:40 WIB
Ilustrasi--thinkstock
Ilustrasi--thinkstock

DIREKTORAT Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum dan HAM) ikut menanggapi hasil inspeksi mendadak yang dilakukan Ombudsman RI di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Dalam inspeksi itu, Ombudsman menemukan ada perbedaan antara kamar yang ditempati Setya Novanto dan warga binaan lainnya.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkum dan HAM Sri Puguh Budi Utami tidak menampik adanya perbedaan dari sisi keluasan bangunan tersebut. Tetapi ia menekankan bahwa memang seperti itulah kondisi kamar di Sukamiskin sejak dulu.

"Adanya seperti itu, karena memang ukurannya agak besar sedikit," terangnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler di Jakarta, Jumat (14/9).

Sri menyebutkan, ukuran kamar warga binaan di Lapas Sukamiskin sudah dari dulu seperti itu. Mulai dari kamar yang berada di bawah hingga kamar yang berada di atas memiliki ukuran yang sedikit berbeda.

"Iya, kalau kamar di atas termasuk kamar Pak Setya Novanto agak besar sedikit," tegasnya.

Meski begitu, lanjut Sri, pihaknya bisa memastikan bahwa di seluruh kamar tersebut tidak lagi ditemukan adanya fasilitas mewah. Baik itu televisi, kulkas, dan barang yang dikategorikan mewah lainnya.

"Tidak ada barang-barang mewah lagi," ungkapnya.

Sri menambahkan, petugas di Lapas Sukamiskin sudah berjuang untuk bekerja dengan baik dan benar mengawal seluruh warga binaan yang terjerat kasus korupsi di lapas tersebut. "Jika belum sempurna mohon kami diberi waktu," tandasnya.

Sebelumnya, Ombudsman RI melakukan inspeksi mendadak di sejumlah lapas yang ada di Bandung, termasuk di Lapas Sukamiskin, Kamis (13/9).

Dalam sidaknya itu, Ombudsman yang dipimpin Ninik Rahayu menemukan adanya perbedaan fasilitas di lapas tersebut. Salah satu perbedaan itu ialah kamar Novanto yang lebih luas dibanding kamar warga binaan lainnya.

Meski mendapat perbedaan dari sisi keluasan kamar lapas, Ombudsman tidak menemukan adanya fasilitas mewah dari seluruh kamar warga binaan di lapas tersebut. (X-12)

BERITA TERKAIT