Intip Rahasia Poke Bowl Lezat


Penulis: Thalatie K Yani - 14 September 2018, 19:10 WIB
MI/Nadia
MI/Nadia

BELAKANGAN poke bowl kembali menjadi tren. Ingin mencoba membuat poke bowl di rumah, tapi takut ikan amis? Ternyata ada triknya.

Ketika ingin membuat makanan menggunakan ikan salmon atau tuna mentah, pastikan cuci bersih ikan. Tapi hanya satu kali saja, bila sudah dicuci jangan terkena air lagi. Setelah dicuci, segera keringkan dan selimuti dengan tisu guna menyerap air yang tersisa. Menyelimuti ikan dengan tisu juga menjaga bakteri pada ikan tidak berkembang biak dan terkontaminasi.

"Kebersihan menjadi hal yang penting. Tidak boleh lebih dari 15 menit untuk proses pencucian hingga pemotongan," ungkap Robbiq Verly, Head Chef Pingoo Restaurant, saat ditemui Media Indonesia di Neo Soho Mall, Jakarta, Rabu (12/09)
 
Bila anda tidak suka ikan, bisa diganti dengan daging sapi, ayam, atau sesuai dengan selera anda. Begitu juga sayuran yang akan disajikan bisa disesuaikan dengan selera anda atau menggantinya dengan buah seperti nanas.

Anda pun bisa membuat daging teriyaki sebagai campuran poke bowl. Bila daging diolah dengan benar akan menjadi daging yang empuk dan manis.

Triknya, daging yang sudah dicuci dan diiris tipis dibalur tepung maizena. Daging itu ditumis dengan minyak sedikit, di atas api kecil. Sisihkan ke pinggir wajan, tambahkan sedikit minyak dan tumis bawang bombay hingga ke coklatan, lalu campur dengan daging. Tidak lupa tambahkan saus teriyaki. Daging ini dimasak selama 6 menit untuk menjaga keempukannya.

"Daging sapi semahal apapun kalau tekniknya salah maka akan keras," ujar Robbiq.

Protein lain yang bisa digunakan untuk poke bowl ialah belut alias unagi. Ada cara khusus menghilangkan lendir belut, yakni memotong kedua siripnya dan menyiramnya dengan air panas. Setelah itu direndam dalam saus khusus. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam sebelum disantap.

Bila disejumlah restoran menggunakan beras Jepang sebagai pilihan nasinya. Jika tidak ada, bisa digantikan dengan nasi biasa.

Namun kunci kenikmatan poke bowl ialah sausnya. Robbiq pun membuka rahasia sausnya yang praktis. "Untuk saos Tamanegi, bisa beli saja saos shoyu Jepang lalu campur dengan jeruk nipis," ungkapanya.

Nah, para Japanise food lovers bisa mencoba trik yang diajarkan chef Robbiq. Jangan lupa susunan poke bowlnya ya.
.
Berikut merupakan bahan yang perlu disiapkan dalam menyajikan semangkuk poke bowl:
1. Nasi
2. Rumput laut mentah (wakame)
3. Wortel atau boleh diganti sesuai selera.
4. Serutan lobak putih atau boleh diganti sesuai selera juga.
5. Daun bawang
6. Telur ikan terbang (tobiko)
7. Wijen
9. Potonga tuna/ salmon/ daging teriyaki/ unagi (belut) atau bisa diganti ayam.

Selamat Mencoba (*/M-3)

BERITA TERKAIT