Memopulerkan Adat Dayak di Festival Budaya Borneo 2


Penulis: DY/LD/N-3 - 11 August 2018, 05:10 WIB
MI/Denny Susanto
MI/Denny Susanto

UNTUK mempromosikan budaya dan adat suku Dayak di kancah internasional, Dewan Adat Dayak bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar acara bertajuk Festival Pesona Budaya Borneo 2 pada 11-15 Agustus di Banjarmasin.

Ketua Dewan Adat Kalsel, Defriadi, mengatakan acara itu merupakan ajang silatu-rahim dan promosi budaya asli di Pulau Kalimantan atau sebutan lainnya Borneo.

"Peserta festival ini tidak hanya perwakilan dari lima provinsi di Kalimantan. Ada juga peserta dari Brunei, Sa-rawak, dan Malaysia," kata Defriadi, kemarin.

Festival Pesona Budaya Borneo 2 tahun ini mengusung tema Dengan budaya dan pariwisata kita bergerak membangun Kalimantan untuk lebih sejahtera.

Festival ini merupakan representasi kekayaan kearifan lokal masyarakat Kalimantan, baik dalam bentuk seni budaya maupun kultur pembaruan yang dijiwai semangat Bhinneka Tunggal Ika.

"Kegiatan ini merupakan sarana promosi dan publikasi seni dan budaya masyarakat di Pulau Kalimantan ke kancah dunia," tambahnya.

Kabid Pengembangan Wisata Dinas Pariwisata Kalsel Faisal Rizani berharap festival tersebut bisa menjadi sarana hiburan sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan lokal ke Kalimantan.

Festival Borneo yang akan dibuka Gubernur Kalsel Sahbirin Noor rencananya dihadiri duta besar negara-negara sahabat, pengusaha, dan tokoh-tokoh adat.

Dari Jawa Tengah dilaporkan, Kabupaten Banyumas menggelar Festival Serayu pada 11-12 Agustus. Festival akan berlangsung di Rawalo, Banyumas. Dalam pergelaran itu akan ada 27 perahu hias meramaikan karnaval, yang menyusuri sungai terbesar di Banyumas tersebut.

Kabid Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Banyumas Saptono Supriyanto menjelaskan ke-27 perahu yag ikut karnaval berasal dari organisasi pemerintah daerah, pelaku wisata, dan pengusaha.

Menurutnya, gelaran ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkenalkan wisata Sungai Serayu. "Ada karnaval dan balapan perahu," imbuhnya.

BERITA TERKAIT