Nafa Urbach Pilih NasDem yang tanpa Mahar


Penulis: Putra Ananda - 18 July 2018, 00:45 WIB
MI/ADAM DWI
MI/ADAM DWI

PENYANYI Nafa Indria Urbach, 38, mengaku memilih Partai NasDem sebagai kendaraan politik mendapatkan kursi di parlemen, karena partai yang dipimpin Surya Paloh ini tidak menerapkan mahar politik dalam seluruh proses pencalonan anggota legislatif.
Dia memutuskan bergabung dengan Partai NasDem dan maju sebagai calon

anggota legislatif DPR pada Pemilu Legislatif 2019. "Karena NasDem tidak ada mahar sama sekali. Jadi, itu membuka kesempatan buat anak-anak muda yang punya kemauan berpolitik dan kemauan membantu masyarakat," ujar Nafa saat menemani pengurus Partai NasDem menyerahkan dokumen pendaftaran calon anggota legislatif ke KPU, Jakarta, Senin (16/7).  

Nafa menekankan politik tanpa mahar sangat penting diterapkan, untuk merangsang perhatian anak muda terhadap politik sebab survei menunjukkan bahwa tidak sedikit anak muda antipati terhadap dunia politik.  Nafa saat ditemui di lokasi menyebutkan bahwa bergabungnya dia dan sederet nama beken lainnya ke Partai NasDem ialah untuk mengaktualisasikan diri di kancah politik Tanah Air dan terpanggil hati nuraninya untuk membantu masyarakat.

Nafa yang sudah tiga bulan bergabung dengan NasDem itu mengaku sudah sejak lama bercita-cita menjadi politikus. "Tiga bulan inilah. Ceritanya memang aku sudah cita-citanya ke politik sih pas sudah dewasa," ujarnya.

Caleg dari Daerah Pemilihan 6 Jawa Tengah tersebut memiliki angan duduk di Komisi VIII DPR untuk memperbaiki masalah pernikahan dini, kekerasan perempuan, serta pelecehan anak.     

"Aku ini pengin ngurus UU pernikahan dini, anak umur berapa yang harusnya dibolehkan nikah, kekerasan perempuan, pelecehan anak, human trafficking," katanya.

Nafa mengakui, terpanggilnya dia untuk mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR lewat Partai NasDem ialah salah satunya terfokus pada keinginan untuk memastikan harkat dan martabat perempuan Indonesia terus dapat terjaga. Kata Nafa, salah satunya bisa dilakukan melalui tugas dan fungsi di DPR.

Nafa tidak sendirian, sederet artis yang sudah bergabung di arus besar restorasi Indonesia Partai NasDem, seperti Krisna Mukti dan Kristina hingga sejumlah artis lainnya ikut mendampingi pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem ke gedung KPU di kawasan Jakarta Pusat, pada hari itu.

Dunia seni
Lebih jauh mengenai dunia seni yang selama ini digelutinya, Nafa menyatakan sudah menerima izin dari pengurus DPP NasDem untuk tidak meninggalkan sepenuhnya dunia yang telah membesarkan namanya itu.    

"Kalau aku nyanyi, karena kan masih ada kontrak minialbum serta kalau main film itu masih boleh. Tapi enggak sibuk main film atau sinetron yang stripping melulu dan meninggalkan tanggung jawab sebagai wakil rakyat," ujar Nafa. (H-5)

 

BERITA TERKAIT