1995: Revolusi Bernama MP3 Dimulai


Penulis: History - 14 July 2018, 12:20 WIB
img
WIKIPEDIA

AMAT disayangkan perwakilan Recording Industry Association of America (RIAA) tidak hadir pada sebuah perkenalan teknologi musik terbaru karena teknologi itu kemudian mengguncang dunia dengan nama MPEG-1 audio layer 3 atau lebih singkat disebut MP3.

Format MP3 menghasilkan suara jernih dalam kemasan lebih praktis dan efisien. Kumpulan lagu yang biasanya direkam dalam pita kaset kini bisa diringkas dalam bentuk CD karena sistem digitalnya. Sistem itu kemudian mengompres lagu-lagu dalam ukuran data lebih kecil.

Ukuran data satu lagu bisa berkurang 90% tanpa mengurangi kualitas audio. MP3 pun bisa terkoneksi dengan komputer langsung lewat CD yang dimasukkan ke CPU. MP3 kian dipermudah dengan kehadiran internet yang memungkinkan mengirim data audio berformat MP3.

Perkembangan tersebut diikuti dengan munculnya Winamp dan Napster pada akhir 1990. Keduanya menawarkan kumpulan lagu digital secara legal. Hal itu pulalah yang mengurangi penjualan CD pada kurun waktu 2000 hingga 2006. Teknologi MP3 merupakan buah kerja keras para ahli teknik audio pada akhir 1980 sampai awal 1990. Ekstensinya dikenal hingga saat ini dengan nama MP3.

BERITA TERKAIT