Trotoar GBK Kini Lebar, Elok,Rapi, dan Bersih


Penulis: Haufan Hasyim Salengke - 14 July 2018, 12:14 WIB
MI/HAUFAN HASYIM SALENGKE
MI/HAUFAN HASYIM SALENGKE

TIDAK hanya elok, rapi, dan bersih, tampilan trotoar di sekitar Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) di Senayan, Jakarta Pusat, juga sangat lebar.

Lebar trotoar di area GBK antara 1,5 meter dan 10 meter. Penataan kawasan jalur pedestrian di sekitar GBK itu dilakukan untuk mempercantik wajah GBK menjelang perhelatan akbar Asian Games 2018. Penataan dilakukan mulai Jl Tentara Pelajar, Gelora, Gerbang Pemuda, sampai Palmerah Selatan. Total panjang trotoar yang direvitalisasi mencapai 4,2 kilometer.

Lantai trotoar menggunakan batu alam andesit. Tampilan trotoar di GBK tambah cantik setelah diberi sentuhan warna hijau, abu-abu, hitam, dan merah tua. Warna hijau digunakan untuk pesepeda dan warna gelap untuk pejalan kaki.

Menapaki area khusus pejalan kaki itu pun terasa aman dan nyaman. Uus, 23, warga Bogor, Jawa Barat, yang bersama temannya sengaja datang untuk melihat GBK, mengaku belum pernah melihat trotoar sebagus itu di tempat lain di Jakarta dan di daerahnya.

"(Saya) sering ke sini, main saja lihat-lihat GBK. Dulu trotoarnya enggak begini kan. Baru kali ini lihat yang sebagus ini," ujar Uus saat ditemui di pintu 10 atau Gerbang Pemuda GBK, Jakarta, kemarin.

Harapan Uus, ia ingin kondisi trotoar yang elok, nyaman, dan aman itu dijaga. Menurutnya, menjaga atau memelihara lebih susah ketimbang membetulkan suatu sarana dan prasarana publik.

Namun, belum semua trotoar di lingkar GBK telah selesai dibongkar, dibetulkan, dan dipercantik. Berdasarkan pantauan Media Indonesia, kawasan pedestrian sudah 'siap pakai', terutama dari pintu 1 hingga pintu 10 atau area Plasa Utara di depan TVRI.

Revitalisasi trotoar juga dilakukan di Jl Sudirman hingga Jl MH Thamrin. Lebar jalur pedestrian di Jl Sudirman dan MH Thamrin diproyeksikan menjadi 10-12 meter dan dilengkapi dengan taman di bagian sisi dan pohon di bagian tengah trotoar.

Saat ini pengerjaan mempercantik trotoar masih berlangsung di sebagian besar titik di Jl Sudirman. Media Indonesia mencoba menyusuri hingga Gedung Bawaslu. Trotoar di sepanjang area itu sedang dikerjakan.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno optimistis pembangunan trotoar Jl Sudirman-MH Thamrin akan selesai paling lambat 31 Juli.

BERITA TERKAIT