Presiden FIFA Sebut Rusia Sukses Jadi Tuan Rumah Piala Dunia


Penulis: Riyan Ferdianto - 14 July 2018, 10:00 WIB
AFP/JEWEL SAMAD
AFP/JEWEL SAMAD

FEDERASI Sepak Bola Dunia (FIFA) memuji tuan rumah Rusia yang berhasil menggelar Piala Dunia 2018. Presiden FIFA Gianni Infantino menyebut Rusia sukses besar menyelenggarakan pesta sepak bola dunia itu.

Sejak dipilih menjadi tuan rumah, Rusia sudah menyiapkan 12 venue stadion yang tersebar di 11 kota.  Ke-12 stadion digunakan oleh 32 kontestan menjalani pertandingan fase grup hingga babak final. Untuk partai pembuka dan penutup Piala Dunia 2018 akan diselenggarakan di Luzhniki Stadium.

Infantino menyebut Piala Dunia 2018 yang sudah sampai partai final sudah berjalan sangat baik. Ia tidak ragu-ragu menggambarkan 2018 sebagai tahun terbaik Piala Dunia.

"Beberapa tahun yang lalu, saya mengatakan ini akan menjadi Piala Dunia terbaik. Hari ini, saya dapat mengatakan itu dengan keyakinan baru. Ini adalah Piala Dunia terbaik yang pernah ada," katanya dalam konferensi pers di Moskow.

Salah satu aspek penting dari turnamen ini adalah penggunaan VAR di Piala Dunia untuk pertama kalinya, yang dianggap Infantino sebagai sukses besar.

Dengan adanya VAR, permasalahan terkait terciptanya gol berbau offside atau kartu merah terkait aksi indisipliner pemain yang luput dari perhatian wasit bisa diminimalisir.

"Hasilnya sangat jelas dan sangat positif. Ada lebih dari 440 insiden sejauh ini, 19 ulasan dalam 62 pertandingan. Dan ada 16 keputusan berubah dari keputusan yang salah menjadi keputusan yang tepat, jadi ketika Anda memeriksa kamus dan mencari arti kata kemajuan, kemajuan itu berarti membuat segalanya lebih baik dibandingkan dengan masa lalu. Ini adalah kemajuan," paparnya.

Sejauh ini, gelaran Piala Dunia sudah memasuki partai final. Prancis dan Kroasia akan saling bentrok untuk memperebutkan siapa yang terbaik. Kedua tim itu bakal bertanding di Stadion Luzhniki Moskow, Minggu (15/7). (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT