Twitter Bersih-Bersih, Jutaan Akun Mencurigakan Hilang


Penulis: Basuki Eka Purnama - 14 July 2018, 07:28 WIB
img
AFP/CHRISTOPHE SIMON

BANYAK selebritas, politisi, dan orang ternama lainnya menemukan bahwa akun Twitter mereka kehilangan jutaan follower pada Kamis (12/7) saat perusahaan itu membersihkan puluhan ribu akun mencurigakan.

Ashton Kutcher memiliki 19,1 juta folower di Twitter pada Rabu (11/7). Saat Twitter membersihkan diri dari akun palsu, jumlah itu merosot menjadi 18 juta pada Kamis (12/7), menghilang 1,1 juta atau sekitar 6%.

Oprah Winfrey yang mengirimkan cicitan perdananya pada 2009 kehilangan sekitar 1,4 juta follower antara Rabu (11/7) dan Kamis (12/7) sore. Ellen DeGeneres kehilangan 2 juta follower hingga menyisakan 76,1 juta follower.

Juru bicara Twitter Aly Pavela mengatakan aksi Twitter membersihkan akun-akun palsu yang mem-follow para pengguna akan dilanjutkan selama beberapa hari mendatang.

Perusahaan itu melakukan aksi itu untuk mengembalikan kepercayaan terhadap situs microblogging itu.

Banyak pengguna yang meningkatkan jumlah follower mereka dengan akun otomatis atau palsu, mendongkrak kepopuleran mereka sebagai politisi, pengusaha, atau pekerja hiburan.

Saat aksi bersih-bersih itu selesai, Twitter memperkirakan jumlah follower akun selebritas akan merosot hingga 6%.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menjadikan Twitter sebagai corong untuk berkomunikasi dengan pendukung dan mereka yang menentangnya kehilangan 340 ribu follower.

Twitter sendiri tidak terbebas dari aksi bersih-bersih mereka. Akun resmi Twitter kehilangan 12% follower mereka atau sekitar 7,7 juta akun. (nytimes.com/OL-2)

BERITA TERKAIT