Destinasi Geopark Ditargetkan Sumbang 1,1 Juta Wisman


Penulis: Dhika Kusuma Winata - 14 July 2018, 07:30 WIB
img
ANTARA/Risky Andrianto

GEOPARK atau Taman Bumi menjadi daya tarik pariwisata unggulan Indonesia khusunya untuk produk ekowisata. Hal itu karena geopark memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan geopark di Tanah Air akan terus dikembangkan sebagai produk ekowisata sehingga kontribusi terhadap kunjungan wisman mendatang akan semakin besar.

"Pada 2019, kami menargetkan kontribusi wisman dari wisata geopark sebanyak 1,1 juta atau mencapai 5,5% dari target 20 juta kunjungan wisman dengan perolehan devisa sektiar US$2 miliar,” kata Arief.

“Potensi Wonderful Geopark of Indonesia ini bila dikombinasikan dengan daya tarik ekowisata memberikan kontribusi besar terhadap kunjungan wisman. Pada 2015 yang lalu telah mendatangkan sebanyak 550 ribu wisman dengan perolehan devisa mencapai US$1 miliar,” imbuhnya.

Untuk meningkatkan kunjungan wisman khusus geopark, lanjut Arief, pihaknya gencar melakukan kerja sama dengan negara-negara anggota UNESCO Global Geopark, di antaranya Malaysia dan Tiongkok, untuk melakukan kerjasama promosi.

Indonesia tercatat merupakan salah satu negara dengan geopark yang diakui sebagai UNESCO Global Geopark terbanyak di Asia, yakni Ciletuh, Gunung Sewu, Gunung Batur, dan Gunung Rinjani. (OL-2)

BERITA TERKAIT