Kuasai 51% Saham FI, Bukti Pemerintah Jaga Kedaulatan Energi


Penulis: Cahya Mulyana - 12 July 2018, 18:40 WIB
ANTARA
ANTARA

DIREKTUR Eksekutif ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro mengatakan rampungnya negosiasi divestasi 51% saham PT Freeport Indonesia (PT FI) merupakan kabar baik.

Pasalnya, prestasi yang diraih dengan mengorbankan energi dan waktu yang cukup banyak itu mampu melahirkan pembuktian bahwa pemerintah berupaya menjaga kedaulatan energi.

"Tuntasnya negosiasi pemerintah dengan Freeport, saya kira dari aspek politik dan ekonomi ini sangat strategis. Yang paling utama adalah masalah kontrol (kedaulatan) kita lebih besar dengan porsi 51 % ini," terangnya kepada Media Indonesia, Kamis (12/7).

Ia menjabarkan keuntungan dari aspek politik dari divestasi 51% saham PT FI itu memberikan kontrol yang lebih mesar untuk mengarahkan kebijakan atau aksi korporasi Freeport.

"Dalam banyak aspek Indonesia akan menjadi pemegang kendali sehingga amanat Pasal 33 UUD1945 dapat benar-benar diwujudkan," ungkapnya.

Menurut dia, dominasi saham PT FI oleh pemerintah melalui konsorsium Inalum ini juga memberikan dampak yang baik bagi ekonomi.

"Dividen yang diterima berpotensi naik," tutupnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT