Jakarta Diharapkan jadi Kota Ramah Lansia


Penulis: Haufan Hasyim Salengke - 12 July 2018, 18:04 WIB
ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya
ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

WALI Kota Administrasi Jakarta Selatan, Marullah Matali mengapresiasi Forum Komunikasi Lanjut Usia (FKLU) DKI Jakarta yang telah menggelar acara Peringatan ke-22 Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kamis (12/7). Ia mengatakan perayaan HLUN tiap tahun sebagai salah satu upaya pemerintah untuk terus memperhatikan kalangan lansia (lanjut usia) di Indonesia, tidak terkecuali Jakarta.

Marullah menuturkan, ada beberapa tujuan penyelenggaraan peringatan HLUN. Antara lain, sebagai ajang silaturahim antar lansia/pralansia, penghormatan dan penghargaan terhadap lansia, sarana menambah pengetahuan dan wawasan dalam rangka pencegahan penyakit terhadap lansia, serta sebagai upaya mewujudkan lansia tangguh melalui Bina Keluarga Lansia.

"Juga sebagai salah satu upaya mensosialisasikan dimensi lingkungan untuk mendukung terwujudnya Kota Ramah Lansia," ujarnya.

Menurut Marullah, masa tua adalah masa saat kemampuan manusia secara fisik menurun karena termakan usia.

"Menjadi tua memang tidak bisa dihindari oleh siapa pun. Namun yang terpenting dari itu semua, bagaimana menjadi tua yang sehat, kuat dan mandiri serta berkualitas. Karena, ketika harapan hidup meningkat, maka otomatis kualitas pun meningkat," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial DKI, Irmansyah, mengatakan, HLUN yang telah ditetapkan oleh pemerintah mengandung nilai luhur serta budaya bangsa yang perlu dilestarikan dan dikembangkan.

"Oleh karena itu, HLUN perlu diperingati baik di tingkat pusat maupun tingkat daerah, yang dalam pelaksanaannya melibatkan semua komponen baik dari masyarakat ataupun pemerintah," terangnya.

Sementara itu, Hana Sutoyo, Kepala FKLU DKI Jakarta berharap acara itu menumbuhkan pandangan serta kesadaran baru masyarakat terhadap lansia.

"Kami bersyukur, para lansia di usia senja tetap mendapat perhatian baik dari pemerintah provinsi ataupun pemerintah kota. Jadi kami juga ada berbagai program seperti mental spiritual, wisata, olahraga, dan yang terakhir adalah bagaimana mengembangkan hobi," ujarnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT