Hindari Ganjil Genap, Pengendara bisa Gunakan Google Maps


Penulis: Selamat Saragih - 12 July 2018, 17:04 WIB
img
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

PARA pengguna kendaraan bermotor pribadi baik roda dua maupun roda empat bisa menghindari sistem ganjil genap dengan mencari rute alternatif menggunakan Google Maps. Dengan cara ini, para pengendara tidak akan terkena kebijakan perluasan ganjil-genap di sejumlah ruas jalan selama Asian Games pada Agustus 2018.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono, mengatakan, tersedianya fitur rute alternatif perluasan ganjil-genap ini merupakan kerja sama antara BPTJ dengan manajemen Google. Pada waktu proses penyusunan kebijakan transportasi untuk mendukung Asian Games, pihaknya mengajak manajemen Google untuk ikut berpartisipasi mendukung kebijakan nomor polisi kendaraan bermotor di Jakarta beroperasi dengan sistem ganjil-genap.

"Partisipasi itu akhirnya diwujudkan manajemen Google Maps dengan melakukan update aplikasinya. Sehingga tersedia fitur rute alternatif setelah diberlakukan kebijakan perluasan ganjil genap," kata Bambang, di Jakarta, Kamis (12/7).

Fitur yang disediakan Google Maps ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat agar lebih cepat mengenal perluasan kebijakan ganjil-genap dengan cara praktis. Selain itu, mendorong para pengendara lebih cepat beradaptasi dengan kebijakan tersebut.

Dia menjelaskan, manfaat utama dari penggunaan aplikasi Google Maps adalah pengguna akan mendapatkan informasi mengenai rute atau jalur mana yang dapat dilalui jika menggunakan kendaraan pribadi. Sehingga, tidak melanggar aturan kebijakan ganjil genap.

"Pengguna kendaraan pribadi juga akan mendapatkan informasi perkiraan waktu tempuh yang dibutuhkan jika harus melalui rute alternatif yang disarankan. Dengan demikian, mereka dapat memiliki kesempatan untuk merubah keputusan. Misalnya, kalau menggunakan kendaraan pribadi terlalu lama, mereka bisa memutuskan menggunakan angkutan umum," ungkapnya.

Seperti diketahui perluasan kebijakan ganjil-genap pada ruas jalan arteri di DKI Jakarta merupakan bagian dari paket kebijakan manajemen rekayasa lalu lintas yang disiapkan pemerintah untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Asian Games 2018.

Semula kebijakan ganjil-genap diterapkan di tiga ruas jalan arteri dari pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB dari hari Senin sampai Jumat. Dengan adanya perluasan, maka kebijakan ganjil-genap diterapkan pada 10 ruas jalan arteri mulai dari pukul 06.00 hingga 21.00 WIB setiap hari, termasuk Sabtu dan Minggu. (OL-7)

 

BERITA TERKAIT