Anggaran Honor TKK Kota Bekasi Capai Rp700 Miliar


Penulis: Gana Buana - 12 July 2018, 16:18 WIB
img
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/

ANGGARAN honor bagi Tenaga Kerja Kontrak (TKK) di Kota Bekasi mencapai Rp700 miliar pada 2018. Dana sebesar ini digunakan untuk menggaji sekitar 10 ribu TKK yang bekerja di lingkup Pemerintahan Kota Bekasi.

“Jumlah TKK pada 2018 memang bertambah. Di tahun 2017, anggarannya mencapai Rp390 miliar untuk menggaji 5.151 orang TKK,” ungkap Wakil Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Bekasi, Dadang Hidayat, Kamis(12/7).

Dadang merinci sebagian besar pegawai berstatus TKK bernaung di bawah Dinas Pendidikan. Jumlahnya melonjak lantaran adanya tambahan dari pengangkatan guru berstatus honorer menjadi guru kontrak.

“Tahun lalu mereka sudah diangkat jadi guru kontrak, sehingga haknya sama dengan pegawai kontrak lainnya,” imbuh Dadang.

Meski demikian, Dadang menampik jika anggaran honor TKK memberatkan kas daerah. Sebab, pemerintah daerah tetap mencari sumber pemasukan untuk kas daerah, seperti dari dana perimbangan pajak kendaraan dan parkir. Karena dua item itu berpotensi memberikan pendapatan yang sangat besar.

Akan tetapi, ada risiko bila anggaran belanja tidak langsung itu sudah tinggi. Salah satunya, memangkas kegiatan infrastruktur.

“Tahun ini memang lebih banyak kegiatan pemeliharaan, untuk pembangunan hanya meneruskan program sebelumnya,” pungkasnya.(OL-6)

BERITA TERKAIT