Jokowi: Indonesia Bangga Anak Bangsa jadi Juara


Penulis: Achmad Zulfikar Fazli - 12 July 2018, 13:32 WIB
img
BIRO PERS SETPRES

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) bangga dengan prestasi yang ditorehkan pelari muda Indonesia Lalu Muhammad Zohri. Lalu berhasil memenangi kejuaraan dunia Atletik U20 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7) malam, waktu setempat.

"Tentu saja kita bangga ada anak bangsa yang jadi juara. Saya kira tidak saya saja, tapi seluruh rakyat Indonesia tentu senang dan bangga," kata Jokowi di ICE BSD Tangerang, Banten, Kamis (12/7).

Turun di nomor 100 meter putra, Lalu yang berlari di lintasan 8 berhasil masuk finish dengan catatan waktu 10.18 detik. Ia mengalahkan dua pelari U20 terbaik Amerika Serikat Anthony Scwartz dan Eric Harrison yang menduduki peringkat kedua dan ketiga dengan waktu 10.22 detik. 

Jokowi berharap kemenangan dan medali emas itu bisa menjadi semangat bagi atlet Indonesia meraih prestasi di Asian Games 2018.

"Dan itu nanti modal-modal kemenangan seperti ini, kayak kemarin badminton, itu modal Asian Games  2018. Ini nanti lari modal lagi untuk Asian Games," ucap dia.

Lalu turun di heat pertama, bersama atlet Jepang Daisuke Miyamoto dan berhasil lolos ke semifinal dengan waktu 10.30 detik. Catatan waktu Lalu menjadi yang terbaik dari 6 heat di babak kualifikasi.

Rekor Lalu mendekati rekornas senior yang masih dipegang Suryo Agung Wibowo dengan waktu 10.17 detik.

Di babak semifinal, Lalu yang dijuluki 'Bocah Ajaib dari Lombok' itu turun di heat 1 dari 3 heat lolos bersama atlet muda Amerika Serikat Anthony Schwart dengan waktu 10,24 detik. Giliran Anthony yang memimpin dengan waktu 10.19 detik. Keduanya bersama Daisuke kemudian lolos ke babak Final. Kemudian, Lalu menjadi juara dan meraih emas dalam kompetisi bergengsi tersebut.

"Saya mau berpesta malam ini, saya sangat gembira dengan personal best saya, dan rekor nasional yang saya dapatkan. Saya akan bersiap untuk Asian Games bulan depan, ini menjadi pengalaman paling menyenangkan sepanjang karier saya," ujar Lalu, seusai lomba. (Medcom/OL-3)

BERITA TERKAIT