Ada Guardiola di Balik Kesuksesan Tiga Singa


Penulis: (AFP/BBC/Sat/R-2) - 11 July 2018, 05:30 WIB
 AFP PHOTO / Glyn KIRK
AFP PHOTO / Glyn KIRK

PUBLIK Inggris boleh saja berbangga dengan pencapaian tim ‘Tiga Singa’ di putaran final Piala Dunia Rusia 2018. Kesuksesan mereka melaju hingga ke semifinal turnamen terakbar sejagat itu memang lebih dari ekspektasi mereka.

Namun, kesuksesan tersebut sebenarnya tidak lepas dari campur tangan arsitek Manchester City Pep Guardiola. Hal itu pun tidak dimungkiri mantan gelandang Manchester United Paul Scholes. Menurut dia, performa Inggris yang penuh karakter, hasrat, dedikasi, dan tentu talenta merupakan efek dari Guardiola.

Mantan pelatih Barcelona itu terkenal dengan gaya tiki-taka dengan penguasaan bola dominan  yang dibumbui umpan-umpan pendek. Permainan yang sama diterapkan pada timnas Inggris asuhan Gareth Southgate. Salah satu yang menurut Scholes sangat identik di antara keduanya ialah penerapan formasi tiga bek dan tugas lebih kiper sebagai sweeper.

“Guardiola? Tentu sangat memengaruhi. Khususnya ketika mereka bermain dengan tiga bek tengah, cara mereka meminta kiper mereka bermain,” kata Scholes.

Pemain yang menjadi bagian ‘Class 92’ Manchester United itu menilai langkah Southgate menduplikasi taktik Pep sapaan Guardiola langkah yang sah-sah saja.

“Saya tidak berpikir Gareth (So-uthgate) merahasiakan soal itu. Dia mengambil pemikiran Pep. Dia ingin Inggris memainkan sepak bola terbaik. Jadi ketika Spanyol atau Manchester City melakukannya, mengapa tidak mencoba me-ngopinya,” imbuhnya.

Southgate pun tidak menampik bahwa ia belajar banyak dari cara bermain Manchester City yang diterapkan Guardiola. Bahkan keduanya melakukan perbincangan panjang lebar sebelum memutuskan untuk memainkan tiga bek sejajar di tim.

Namun, keberhasilan Inggris yang sukses mencapai babak empat besar berdampak buruk bagi persiapan City jelang musim baru. Guardiola dibuat pusing karena tujuh pemain pentingnya saat ini masih bergelut hingga sesi terakhir Piala Dunia 2018. Empat di antaranya merupakan pemain timnas Inggris, yakni John Stones, Kyle Walker, Fabian Delph, dan Raheem Sterling.

Kalaupun Inggris kalah dari Kroasia, mereka harus tetap mengikuti laga perebutan peringkat ketiga, Sabtu (14/7) malam. Sementara itu, Manchester City akan memulai persiapan tim sepekan setelah Piala Dunia. (AFP/BBC/Sat/R-2)

 

BERITA TERKAIT