Harga Tiket Pertandingan semakin Melangit


Penulis: (R-2) - 11 July 2018, 02:00 WIB
img
AFP PHOTO / Kirill KUDRYAVTSEV

PIALA Dunia memasuki babak-babak akhir. Tinggal tersisa empat laga lagi, termasuk duel Belgia melawan Prancis, dini hari WIB tadi. Salah satu yang menjadi incaran penggemar sepak bola seluruh dunia ialah tiket pertandingan. Tinggal dua stadion yang menggelar laga, yakni Stadion Saint Petersburg di Saint Petersburg dan Stadion Luzhniki di Moskow.

Perburuan tiket pun terjadi. Tidak hanya awak media yang juga menginginkan menonton pertandingan dengan mengisi aplikasi di situs FIFA.com. Penggemar di seluruh dunia pun mengincar sisa-sisa tiket di situs resmi penjual tiket.

Namun, karena sudah tidak tersedianya tiket di situs resmi FIFA, perburuan lewat jejaring penjual tiket hingga pendukung yang timnya tidak lolos pun menjadi incaran. Namun, harga sudah menjadi tidak normal lagi.

Harga semifinal kini sudah mencapai US$2.000 (Rp28,2 juta) untuk kategori I. Padahal, banderol yang tertera di tiket ialah 45 ribu rubel (Rp10 juta). Kebanyakan yang dijual ialah tiket kategori 4 yang dikhususkan untuk orang Rusia atau warga asing yang telah bekerja atau tinggal di ‘Negeri Beruang Merah’ itu.

Di kategori ini, tiket dilepas 4.480 rubel (sekitar Rp1 juta). Namun, saat-saat ini, mereka hanya mau melepas hingga kisaran 4 sampai 5 kali lipat. Bisa mencapai 20 ribu rubel (Rp4,5 juta).

Kiat mendapatkan harga lebih murah ialah mencari kerumunan pendukung dari negera yang tersisih. Seperti juga pendukung Argentina atau Meksiko yang gagal lolos ke semifinal.  Menurut mahasiswa asal Indonesia, Teja, kebanyakan suporter berkumpul di Bolstroy Theather.

Hanya saja, harganya masih lebih tinggi ketimbang harga biasa. Untuk semifinal dengan lokasi di belakang gawang, pendukung Argentina bisa melepas rugi hingga US$50. “Ada yang melepas US$700 kendati dia belinya sudah US$750 (Rp10,5 juta),” kata Teja.

Lonjakan harga terjadi di tiket laga final, 15 Juli mendatang. Harga normal yang terendah di kategori 4 di kisaran 7.040 rubel, sedangkan kategori 1 harus ditebus dengan harga 66 ribu rubel.

Harga normal itu sudah tidak ditemui lagi. Kini kisaran harga bisa mencapai 10 kali lipat, bahkan lebih.

Harga kelas premium sudah mencapai 995 ribu rubel, sedangkan yang paling rendah dibanderol 550 ribu rubel. Itu artinya untuk pertandingan final nanti, siapkan dana Rp126,5 juta hingga Rp228,8 juta untuk menonton di kursi yang berada di bawah ruang VVIP atau tribune di seberang lapangan hijau di Stadion Luzhniki, Moskow.

Uniknya, meski harga tiket pertandingan itu sudah di luar kendali, tetap saja masih banyak penggemar sepak bola yang memburunya, terutama tentu para fan dari negara-negara yang masih berlaga di Piala Dunia 2018, yakni Kroasia, Inggris, Prancis, dan Belgia. (R-2)

BERITA TERKAIT